6 Jurusan Kuliah Untuk Introvert ini Cocok Bagi Si Penyendiri

Jurusan Kuliah untuk Introvert – Halo Sobat Bintang!! Introvert merupakan tipikal orang yang senang sekali menghabiskan waktu untuk menyendiri. Selain itu mereka hanya dapat berbincang dengan satu/dua teman yang memang sudah merasa dekat. Seorang introvert sering membutuhkan waktu untuk menyendiri demi memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial yang cukup lumayan ramai.

Oleh karena itu, bagi kalian yang memiliki kepribadian introvert seperti ini jangan sampai salah dalam memilih jurusan kuliah. Karena. hal ini sangat penting untuk menentukan masa depan kalian nanti. Yuk, simak baik-baik referensi Jurusan Kuliah untuk Introvert ini, mana nih yang cocok bagi kalian si pendiam.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Favorit di Bidang Teknologi (IT) Kampus Swasta

 

Jurusan kuliah untuk introvert
Dok: Jurusan kuliah untuk introvert

Berikut Referensi 6 jurusan kuliah untuk Introvert yang Paling Cocok Bagi Si Pendiam:

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan kuliah untuk introvert
Dok. Jurusan kuliah untuk Introvert Sumber: wasito.info

Referensi jurusan kuliah untuk Introvert yang pertama yakni ada Jurusan Akuntansi. Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang mendalami masalah perhitungan pada sebuah perusahaan. Selain itu, pada jurusan akuntansi ini kalian akan belajar mendalami pengelolaan keuangan dengan benar.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini karena lebih akan lebih teliti dalam mengelola keuangan perusahaan. Salah satu ciri yang ada pada kepribadian Introvert yakni, teliti. Dengan begitu, bagi kalian Sobat Bintang yang memiliki kepribadian Introvert sangat dianjurkan untuk dapat bergabung ke Jurusan Akuntansi.

Mau tau Jurusan Akuntansi pada tiga Kampus mana saja yang terbaik versi Bintang Sekolah Indonesia? Yup, yang pertama yakni Institut Keuangan Perbankan Dan Informatika Asia, lalu disusul dengan Universitas Bina Sarana Informatika, dan terakhir yakni Universitas Dr. Soetomo. Tiga kampus tersebut merupakan kampus yang sama-sama telah terakreditasi BAN-PT. Dengan demikian, tiga kampus ini sudah menjadi kampus yang baik untuk menjadi pilihan Sobat Bintang, khususnya yang memiliki sifat Introvert.

Prospek karir pada jurusan akuntansi pun tak hanya sebagai seorang Akuntan atau pegawai Bank saja. Banyak prospek kerja yang akan kalian dapatkan dalam Jurusan Akuntansi. Antaranya, Makelar Saham, Bagian Personalia, Konsultan Pajak, Auditor hingga menjadi Dosen.

2. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Kuliah untuk Introvert
Dok. Jurusan Kuliah untuk Introvert Sumber: Hipwee.com

Referensi jurusan kuliah untuk Introvert yang kedua yakni ada Jurusan Sistem Informasi. Jurusan ini mempelajari gabungan ilmu komputer dengan perilaku bisnis. Jurusan tersebut sangat cocok bagi para Introvert. Karena, pada jurusan ini kalian akan sering sekali berkutat dengan laptop demi menyelesaikan suatu tugas kuliah. Pasalnya sifat dari seorang Introvert salah satunya yakni senang sekali menyendiri. Oleh karena itu, jurusan ini sangatlah cocok untuk kalian para Introvert.

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi terdapat pada beberapa kampus terbaik yang ada di Indonesia. Salah satunya yakni, Universitas Bina Sarana Informatika. Saat ini prodi sistem informasi di kampus ini telah terakreditasi BAN-PT. Kalian akan diajari mengenai pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Kemudian kampus lain yang membuka jurusan Sistem Informasi yaitu Universitas Nusa Mandiri. Sama halnya dengan Universitas BSI, kampus ini pun telah terakreditasi BAN-PT.

Prospek kerja pada Prodi ini pun tak kalah menarik dari prodi yang lain. kalian bisa bekerja sebagai seorang praktisi IT sekaligus Software Engineer. Selain itu, kalian juga bisa menjadi Network Engineer, Database Engineer, dan Games Engineer. Nah, khususnya kalian yang bercita-cita membuat software sangat direkomendasikan untuk bergabung pada prodi ini.

3. Jurusan Sistem Informasi Akuntansi

Jurusan Kuliah untuk Introvert
Dok. Jurusan Kuliah untuk Introvert Sumber: binus.ac.id

Referensi jurusan kuliah untuk introvert yang ke tiga yakni ada Sistem Informasi Akuntansi. Pada Jurusan ini kalian akan belajar tentang sistem untuk pengumpulan, menyimpan, maupun mengolah data-data yang berkaitan dengan akuntansi atau keuangan dengan berbasis sistem. Maka dari itu, Jurusan ini menggabungkan dua buah bidang ilmu yaitu Sistem Informasi dan Akuntansi.

Jurusan ini cocok sekali dengan anak introvert. Pasalnya, selain memang harus memiliki ketelitian dalam mengelola keuangan, pada jurusan ini juga harus memiliki pikiran yang lebih aktif. Karena pada jurusan Sistem Informasi Akuntansi, tak hanya diminta untuk mengelola keuangan saja namun, harus bisa membuat sistem dengan menggabungkan ilmu akuntansi.

Ada beberapa kampus terbaik yang membuka jurusan Sistem Informasi Akuntansi diantaranya Universitas Bina Sarana Informatika, STMIK AKAKOM, dan STMIK Primakara. Dari ke tiga kampus tersebut saat ini telah terakreditasi BAN-PT.

Prospek kerja yang ditawarkan juga sangat terbuka diantaranya Accounting Analyst, Accounting Software Implementor, Programmer, dan Entry Data Manager. Bagi kalian yang memiliki sifat Introvert, punya skill di Accounting dan sangat suka dalam bidang Ilmu Komputer, tidak ada salahnya dalam memilih jurusan ini.

Baca juga: 10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan yang Harus Kalian Ketahui!

4. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Kuliah untuk Introvert
Dok. Jurusan Kuliah untuk Introvert Sumber: id.quora.com

Referensi jurusan kuliah untuk Introvert ke empat yakni ada Jurusan Ilmu Komputer. Pada jurusan ini kalian akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Jadi, pada dasarnya kalian akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan ini, ide-ide kreatif kalian bisa diwujudkan apalagi di dunia informasi digital yang semakin tak terbatas ini.

Kampus terbaik yang menyediakan jurusan ilmu komputer yakni ada Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Tama Jagakarsa, dan Universitas Respati Indonesia. Ke tiga kampus terbaik tersebut telah terakreditasi Baik di BAN-PT.

Untuk prospek kerja pada jurusan Ilmu Komputer ini sangat beraneka ragam. Antaranya yaitu Perancangan Web, Insinyur Aplikasi, Game Creator, Game Programmer, Konsultan IT, Data Scient, Programmer, serta Dosen.

5. Jurusan Sains Data

Jurusan Kuliah untuk Introvert
Dok. Jurusan Kuliah untuk Introvert Sumber: Republika.com

Kemudian, referensi jurusan kuliah untuk Introvert yang ke lima yakni ada Jurusan Sains Data. Jurusan ini merupakan sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana proses dalam pemanfaatan big data. Jurusan ini cocok sekali buat kalian yang ingin mendalami bagaimana big data dimanfaatkan dalam proses bisnis.

Jurusan kuliah bagi Introvert ini berada di beberapa kampus terbaik salah satunya Universitas Nusa Mandiri. Di sini kalian akan belajar tentang teknik analisis dan simulasi dengan ilmu statistika untuk menangani big data. Selain itu, kalian juga akan mempelajari semua jenis hasil data dari proses bisnis yang nantinya dianalisis dan menghasilkan peluang baru.

Di samping itu prospek kerjanya pun sangat menarik. Antaranya yaitu kalian bisa menjadi Data Analyst atau menjadi Data Scientist. Selain itu, kalian juga bisa menjadi Bussines Analyst, Data engineer dan lain-lain.

6. Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Kuliah untuk Introvert
Dok. Jurusan Kuliah untuk Introvert Sumber: Ruangguru.com

Referensi jurusan terbaik bagi introvert yang terakhir yakni ada Jurusan Bisnis Digital. Jurusan Bisnis Digital ini merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Jurusan ini juga ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Pada Jurusan Bisnis Digital, kalian akan belajar mengenai ilmu e-commerce, pengembangan web, user experience, pemrograman, dan keamanan siber. Selain itu, Jika kalian tertarik dengan dunia media sosial, terkhusus kalian para introvert yang senang sekali berkutat di dunia maya dari pada di dunia nyata. Jurusan ini, sangat cocok sekali untuk kalian.

Adapun kampus yang menyediakan jurusan Bisnis Digital diantaranya Universitas Nusa Mandiri. Kampus Universitas Nusa Mandiri ini membuka jurusan baru tersebut di awal semester tahun 2021. Nah, bagi kalian yang tertarik dengan jurusan ini silakan bergabung di Universitas Nusa Mandiri.

Untuk prospek kerjanya pun tak kalah menarik dari kelima jurusan di atas. Antaranya, kalian bisa bekerja di berbagai macam industri, mulai dari perbankan dan keuangan, konsultan bisnis, analis data, analis sistem, sampai bekerja di salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia.

Baca juga: Jurusan Ilmu Komunikasi? 6 Hal Ini Harus Kamu Ketahui

Nah, itulah referensi 6 jurusan kuliah untuk introvert yang sangat cocok bagi si pendiam. Semoga bermanfaat!! Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (17)