Jurusan Ilmu Komunikasi? 6 Hal Ini Harus Kamu Ketahui

  • Bagikan

Jurusan Ilmu Komunikasi – Hai Sobat Bintang!! Siapa nih yang mau masuk jurusan Ilmu Komunikasi? Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya lho. Tahun lalu, jurusan ini menjadi salah satu Program Studi (Prodi) dengan keketatan tertinggi di sebagian besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Ilmu Komunikasi itu sendiri marupakan induk dari beberapa ilmu turunan lainnya. Ilmu turunan tersebut yakni seperti Public Relation (Hubungan Masyarakat), Advertising (Periklanan), Broadcasting (Penyiaran), dan masih banyak lagi. Oleh Karena itu, jika kalian masuk jurusan ini di sebagian perguruan tinggi kalian akan diarahkan untuk memilih peminatan.

Ingin tahu lebih lengkapnya tentang jurusan ini? Yuk simak baik-baik rangkuman mimin yang satu ini!!

Baca juga: Keunggulan dan Prospek Karir Prodi Teknologi Informasi

jurusan ilmu komunikasi
Ilustrasi (Sumber: agenpendidikan123.com)

Berikut Seputar Jurusan Ilmu Komunikasi

Apa sih Ilmu Komunikasi itu?

Jurusan Ilmu Komunikasi secara umum merupakan Prodi yang mempelajari ilmu berkomunikasi dalam berbagai tingkatan. Mulai dari komunikasi individu, media, periklanan, komunikasi media sosial, komunikasi interkultural sampai seni-seni berkomunikasi lainnya. Ilmu komunikasi juga merupakan ilmu yang sangat berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antar manusia dalam bermasyarakat.

Apa yang akan dipelajari?

Jurusan Ilmu Komunikasi, sesuai dengan namanya, di dalam jurusan ini kalian akan belajar mengenai bagaimana proses komunikasi. Maksud dari proses komunikasi tersebut yakni cara penyampaian pesan yang efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Kamu juga akan mempelajari ilmu komunikasi ini secara luas, karena dalam kehidupan sehari-hari pastinya kalian tidak akan terlepas dari komunikasi. Jadi kegunaan dari peminatan tadi, yakni agar kalian bisa memiliki kemampuan yang lebih terfokus pada salah satu cabang ilmu komunikasi.

Mata kuliah apa saja yang akan kalian temui?

Pada awal perkuliahan tepatnya di semester 1 dan 2, kalian masih akan mendapatkan mata kuliah umum tentang ilmu komunikasi. Mata Kuliah tersebut seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi dan Sosiologi Komunikasi. Untuk semester-semester selanjutnya kalian akan mendapat mata kuliah yang berbeda-beda sesuai peminatan yang kalian pilih.

Beberapa contoh peminatan yang bisa kalian ambil yaitu, Public Relation (Hubungan Masyarakat), Advertising (Periklanan), Broadcasting (Penyiaran). Untuk lebih mengetahui peminatan yang tersedia, kalian bisa mencari tahu lebih lengkap di kampus masing-masing. Salah satu kampus swasta yang terkenal dengan jurusan Ilmu Komunikasi ini yakni ada Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kalian bisa mencari tahu lebih lengkapnya di laman bsi.ac.id.

Jadi apa saja sih mata kuliah yang akan kalian temui di jurusan ini? Beberapa mata kuliah yang akan kalian temui di jurusan ini yaitu, public speaking, Manajemen media massa, Komunikasi Massa, Komunikasi Pemasaran. Selain itu, ada juga Komunikasi Politik, Penulisan Naskah, Komunikasi Internasional, dan masih teradapat banyak lagi mata kuliah lainnya.

Baca juga: UBSI Buka Kelas Maret 2021 Dengan 3 Keunggulan

Keahlian apa yang harus kalian kuasai?

Jurusan Ilmu Komunikasi

Dalam Ilmu Komunikasi, salah satu kemampuan dasar yang wajib kalian pelajari dan kuasai yakni Public Speaking. Keahlian ini merupakan kunci kemampuan kalian menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar bisa memahami apa yang kalian sampaikan. Dalam Public Speaking juga bukan soal cara berbicara saja, namun kalian juga harus belajar tentang bagaimana gestur tubuh yang baik.

Di samping itu, kalian juga akan belajar mengenai keahlian dalam marketing. Di dalamnya terdapat pembelajaran mengenai sistem penjualan secara umum yang berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran. Selain itu, kalian juga akan belajar mengenai kemampuan riset, pengolahan data, keterampilan menganalisa dan bersikap kritis.

Untuk Hard Skill yang akan kalian dapat, yakni cara menulis berita yang baik, kemampuan videografi, fotografi, sampai desain grafis. Jadi, ada banyak sekali ilmu baru yang akan kalian dapat. Tak hanya di dunia kerja saja, kalian juga bisa mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.

Pengalaman seru apa saja yang akan kalian dapat?

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi ini, kalian tidak hanya belajar mengenai teori saja. Jurusan ini juga terkenal dengan praktikum dan tugasnya yang bisa menjadi pengalaman seru. Lingkup dari praktikumnya pun cukup luas, mulai dari manajemen dan produksi televisi, radio, hingga media cetak.

Salah satu contohnya, yakni kalian bisa belajar mengenai proses produksi siaran televisi dan radio. Kalian akan belajar menjadi produser, kameramen, reporter, floor director, tim kreatif hingga presenter. Selain itu ada juga mata kuliah fotografi, untuk kalian yang ingin belajar teknik-teknik mengambil gambar.

Di samping itu, kalian juga bisa ikut mempersiapkan berbagai macam event keren. Biasanya kalian akan ditemapatkan sebagai perencana dan pengeksekusi event. Bentuknya pun sangat beragam, bisa film pendek, program televisi, dan sebagainya. Hal ini merupakan peluang untuk kalian mencari relasi yang akan berguna kedepannya di dunia kerja.

Baca juga: Biaya Kuliah Bisa Dicicil, Beruntung Kuliah di UBSI

Peluang kerja sangat luas

Jurusan Ilmu Komunikasi

Semakin pesatnya perkembangan media di Indonesia, menjadikan peluang karier bagi para lulusan jurusan Ilmu Komunikasi ini pun sangat luas. Salah satu lapangan kerja utama bagi lulusan pada jurusan ini yakni perusahaan media, baik media cetak, elektronik atau pun online. Di samping itu, hampir semua jenis perusaan pun banyak yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi ini.

Kalian bisa menjadi humas atau PR di salah satu perusahaan atau pemerintahan. Kalian juga bisa menjadi jurnalis, content creator, penulis, pengamat media, pengamat komunikasi politik dan banyak lagi. Dengan mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang baik, akan menjadi penjamin kalian mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Nah, gimana Sobat Bintang, seru banget kan jadi anak komunikasi? Itulah rangkuman dari mimin untuk kalian seputar Jurusan Ilmu Komunikasi. Semoga bermanfaat!! Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Jangan lupa untuk tetap semangat ya Sobat Bintang!! 🙂

  • Bagikan

Respon (4)

    1. ehehe iya kak, bantu share ke temen-temennya juga ya kak… Biar semua pada tahu kerennya ilmu komunikasi, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *