10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan yang Harus Kalian Ketahui!

Alasan Memilih Jurusan Perhotelan – Hai Sobat Bintang!! Pernah mendengar jurusan perhotelan? Pasti pernah dong ya. Yups, jurusan perhotelan merupakan jurusan yang mempelajari pengelolaan hotel. Tak hanya itu, jurusan ini juga mempelajari bagaimana cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis untuk mencapai kesuksesan.

Kalian ada yang tertarik atau minat pada jurusan perhotelan ini untuk melanjutkan pendidikan? Nah, untuk kalian yang tertarik dan berminat, itu merupakan pilihan yang tepat. Kenapa? Karena banyak keuntungan-keuntungan yang akan kalian dapat. Apa saja? Yukk, langsung saja simak ulasan dari mimin tentang alasan memilih jurusan perhotelan ini. Cekidot!

Baca juga: Jurusan Teknik Industri Miliki Prospek Kerja yang Sangat Luas

alasan memilih jurusan perhotelan
Dok. Jurusan Perhotelan

Berikut 10 Alasan Memilih Jurusan Perhotelan

1. Program studi yang menyenangkan

Alasan memilih jurusan perhotelan yang pertama yakni jurusan ini merupakan salah satu program studi yang menyenangkan. Kenapa? Karena jika kalian kuliah di jurusan Perhotelan dan Pariwisata ini, kalian tidak akan merasakan kurang liburan. Hal ini karena materi yang kalian pelajari berkaitan dengan dunia hiburan dan liburan.

Selain itu kebanyakan mata kuliah pada jurusan ini bersifat praktik sehingga menjalani perkuliahan semakin tidak terasa. Hal ini karena kalian tidak akan hanya duduk diam dan mendengarkan dosen saja. Namun, kalian akan merasa seperti sedang liburan atau berekreasi. Cukup menyenangkan kan? Next!

2. Pendidikan yang berbasis industri

Alasan memilih jurusan perhotelan yang ke dua yakni jurusan ini merupakan salah satu program studi yang pendidikannya berbasis industri. Hal ini karena kurikulum yang diterapkan pada jurusan ini sudah berbasis industri yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan tersebut tentunya yang ada pada industri perhotelan dan pariwisata.

Seperti yang telah mimin jelaskan, materi yang akan kalian pelajari juga adalah materi yang relevan dengan lebih banyak praktik. Sehingga kalian sebagai pelajar di jurusan ini akan lebih cepat menguasai keterampilan yang kalian butuhkan untuk memasuki dunia karier. Cukup menjanjikan kan? Next!

3. Mempelajari banyak ilmu

Alasan memilih jurusan perhotelan selanjutnya yakni di jurusan ini terdapat banyak sekali ilmu yang akan kalian pelajari. Kalian akan mempelajari mulai dari ilmu hospitality, food and baverages, sampai ilmu pelayanan terhadap konsumen.

Di samping itu, biasanya di jurusan ini kalian juga akan dilatih sampai menguasai bahasa lain selain bahasa indonesia. Lebih seringnya yakni bahasa inggris. Jika kalian masuk jurusan ini, kalian akan belajar berbicara dengan bahasa inggris, terutama dalam percakapan sehari-hari. Cukup menantang kan? Next!

4. Dapat keterampilan hebat

Alasan memilih jurusan perhotelan berikutnya yakni kalian dapat memiliki keterampilan yang hebat. Di jurusan ini kalian tidak akan mendapatkan skill yang diajarkan sesuai jurusan saja. Kalian bisa mendapatkan berbagai soft skill hebat diantaranya yakni public speaking, leadership class, problem solving, dan berbagai training hebat lainnya.

Hal ini didapat karena seperti yang mimin jelaskan tadi, jurusan ini merupakan jurusan yang berbasis industri dan bersifat global pula. Sifatnya yang global inilah yang menjadikan kalian mahir tidak hanya satu departemen saja. Namun, kalian berpeluang untuk berkarier sampai ke luar negeri. Cukup menarik kan? Next!

5. Prospek kerja yang besar

Alasan memilih jurusan perhotelan
Sumber: binamutubangsa.com

Alasan memilih jurusan perhotelan yang selanjutnya yakni prospek kerja yang akan kalian dapatkan cukup besar. Hal ini karena indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata. Hampir dari setiap kota memiliki tempat wisata, mulai dari sejarah, alam hingga kuliner. Karena inilah yang menjadikan banyak hotel yang berdiri di tengah-tengah kota.

Dengan banyaknya hotel yang tersebar akan membuat lulusan dari jurusan perhotelan banyak dicari. Biasanya lulusan perhotelan bekerja sebagai manajer hotel, resepsionis, leader housekeeper dan banyak lagi. Di samping itu tentunya kalian akan mendapatkan gaji yang cukup besar. Cukup mengesankan kan? Next!

baca juga: Jurusan Teknik Elektro Pilihan Terbaik Untuk Karier yang Keren

6. Termasuk jurusan yang langka

Alasan memilih jurusan perhotelan yang berikutnya yakni jurusan ini merupakan jurusan yang bisa terbilang langka. Kalian mungkin tidak akan banyak menemukan lulusan manajemen perhotelan karena hanya sedikit universitas yang menyediakan jurusan ini. Kurang lebih hanya sekitar 12 universitas yang menyediakan jurusan perhotelan di seluruh Indonesia. Salah satunya Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta.

Hal ini menjadikan lulusan jurusan perhotelan ini sangat langka. Saking langkanya membuat manajer hotel pun tidak ada pilihan lain selain membuka lowongan pekerjaan dengan lulusan SMA. Hal ini juga bisa membuat saingan kalian untuk mencari kerja menjadi sedikit. karena kalau dibanding lulusan SMA pasti lulusan kuliah dari jurusan ini yang akan didahulukan. Cukup menjanjikan kan? Next!

7. Sedikit saingan

Alasan memilih jurusan perhotelan selanjutnya yakni kalian akan mendapat sedikit saingan dalam mencari kerja. Seperti yang telah mimin sampaikan lulusan dari jurusan ini masih terbilang sangat langka, tetapi memiliki prospek kerja yang sangat besar. Inilah yang menjadikan alasan sebagian orang untuk memilih jurusan perhotelan.

Hal ini akan membuat kalian mudah untuk berkarier setelah lulus kuliah. Di samping itu, tidak ada salahnya jika kalian merupakan seseorang fresh graduate atau belum mempunyai pengalaman bekerja untuk melamar pekerjaan tersebut. Cukup mudah kan? Next!

8. Mendapat gaji yang lumayan tinggi

Alasan memilih jurusan perhotelan berikutnya yakni kalian akan mendapat gaji yang lumayan tinggi dari tempat kalian bekerja. Kebijakan manajer hotel, upah minimum regional, beban kerja, jabatan sampai lulusan ini yang biasanya mempengaruhi besarnya gaji. Namun, memang secara umum gaji yang akan kalian terima dari pekerjaan ini cukup besar.

Gaji yang bisa kalian terima yakni berkisar antara 2.5 juta sampai 5 juta. Gaji ini bisa semakin besar, tergantung kebijakan dari pihak hotel. Semakin bagus hotel tempat kamu bekerja, maka semakin tinggi juga gaji yang akan kalian terima. Di samping itu, gaji tadi hanya gaji acuan dari room boy, gaji seorang manajer hotel tentu akan jauh lebih besar. Cukup menggiurkan kan? Next!

9. Multiple income

Alasan memilih jurusan perhotelan yang selanjutnya yakni kalian akan mendapatkan multiple income atau penghasilan lainnya selain dari gaji. Hal ini karena di bisnis perhotelan ada yang namanya service 10% dari harga yang dibayarkan oleh tamu. Nah, service ini merupakan hak kalian sebagai pekerja di hotel tertentu.

Di samping itu, service yang akan kalian peroleh jumlahnya bisa berkali lipat dari gaji pokok yang kalian peroleh. Selain itu, belum lagi tipping yang diberikan oleh tamu sebagai apresiasi atas layanan terbaik yang bisa kalian berikan. Cukup meyakinkan kan? Next!

10. Berkesempatan bekerja di luar negeri

Alasan memilih jurusan perhotelan
Sumber: kompasiana.com

Alasan memilih jurusan perhotelan yang terakhir yakni kalian bisa berkesempatan bekerja di luar negeri. Hal ini karena seperti yang telah mimin jelaskan bahwa pekerjaan ini bersifat global atau internasional. Jadi, biasanya kompetensi yang wajib dimiliki jurusan ini adalah mampu terampil berbahasa inggris. Karena para tamu hotel yang akan kalian temui nantinya juga termasuk tamu dari luar negeri.

Di samping itu, bisa bekerja di luar negeri menjadi alasan memilih jurusan ini yakni karena gaji yang ditawarkan. Kalian akan mendapatkan gaji lebih besar ketimbang di dalam negeri. Namun kembali lagi, semua itu tergantung tingkatan atau rating bintang di hotel tempat kalian bekerja. Selain itu, kalian juga tidak hanya bisa ditempatkan di hotel saja, tetapi bisa di tempat lain seperti kapal pesiar.

Baca juga: Jurusan Ilmu Komunikasi? 6 Hal Ini Harus Kamu Ketahui

Nah, itulah 10 alasan kalian harus memilih jurusan perhotelan. Karena di jurusan perhotelan ini kalian akan mendapat banyak bekal untuk mengantarkan kalian pada karier dan masa depan yang cerah.

Kampus Universitas BSI sampai saat ini masih membuka pendaftaran mahasiswa baru. Untuk sekarang telah memasuki akhir periode pendaftaran gelombang kedua yakni 3 Februari hingga 6 April 2021. Tapi jangan khawatir, setelah itu akan ada periode pendaftaran gelombang ketiga yang akan dibuka mulai 7 April hingga 7 Juni 2021.

Pendaftaran mahasiswa ini masih akan terus dibuka sampai dengan gelombang keenam yang berakhir pada 2 September 2021. Setelah kalian mendaftar, kalian akan mulai kuliah pada 13 September 2021. Di samping itu, kalian dapat dengan mudah membayar kuliah yang bisa kalian cicil melalui PINTEK. Jadi tunggu apalagi silahkan download aplikasi pmbubsi pada google play store dan tentukan pilihan kamu di sana. Kuliah…? BSI Aja!!

Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (10)