5 Aktivitas Ngabuburit Kaum Millenial

5 Aktivitas Ngabuburit Kaum Millenial

5 Aktivitas Ngabuburit Kaum Millenial – Hallo sobat bintang.. Tidak terasa yah sudah hampir dua bulan kita melakukan aktivitas #dirumahaja, membatasi segala kegiatan kita diluar rumah Seperti belajar dari rumah, bekerja dari rumah serta beribadah dari rumah. Naah untuk poin beribadah khususnya teman-teman muslim, saat ini kita sudah masuk 10 hari terakhir puasa Ramadhan di tahun ini. Tidak terasa yah?

Puasa tahun ini memang berbeda, pertama kalinya kita berpuasa di tengah situasi pandemi akibat virus corona. Berbagai jenis budaya serta kebiasaan kita pada bulan Ramadhan yang di Indonesia identik dengan kebersamaan, untuk tahun ini ditiadakan. Lagi-lagi hal ini untuk menekan laju penyebaran covid-19.

Pada Ramadhan tahun sebelumnya, kita pasti disibukkan dengan berbagai wacana buka puasa bersama di grup chat masing-masing, dari mulai alumni kuliah, SMA, SMP bahkan sampai alumni SD. Saking banyaknya kita sampai bingung mengatur waktu dan keuangan untuk agenda wajib tahunan tersebut. Beberapa orang bahkan ada yang anti mainstream dengan mengadakan Sahur on the Road. Tapi yang pasti, Ramadhan tahun sebelumnya kita bisa leluasa untuk ngabuburit dimana saja.

Iya Ngabuburit. Menurut Wikipedia, ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Kegiatan ini dapat berupa banyak hal, yang paling baik pastinya mengikuti kegiatan keagamaan seperti mengaji atau mendengarkan tausiyah bersama. Bisa juga diisi dengan kegiatan jalan-jalan, berburu takjil, atau bercengkerama. Eits tapi tidak sambil ghibah juga yah.

Baca Juga, Peluang Menjadi Konten Kreator Untuk Generasi Millenial

Tapi semua berubah semenjak pandemi corona menyerang. Kita tidak bisa lagi melakukan kebiasaan Ramadhan kita sebelumnya di tahun ini. Namun jangan khawatir, berikut ini beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kita lakukan #dirumahaja.

5 Aktivitas Ngabuburit Kaum Millenial

1. Ngabuburit Online

Di masa pandemi ini, kegiatan-kegiatan pertemuan yang sebelumnya mengumpulkan orang dalam jumlah banyak kini beralih menggunakan media online. Kita bisa mengkuti berbagai seminar ataupun workshop yang diadakan secara online. Banyak kok yang mengadakan webinar secara gratis. Selain membuat puasa kita jadi tidak terasa lama, kita juga akan banyak mendapatkan ilmu baru. Berfaedah banget kan?

2. Mulai Tekuni Hobi Baru

Mungkin banyak diantara kita yang punya keinginan untuk menjalani satu hobi, tapi terkendala dengan kesibukan sekolah atau pekerjaannya. Inilah saatnya untuk kembali tekuni hobi tersebut. Belajar gitar, bermain rubik atau merakit Gundam Kit Model terbaru pasti bisa membuat ngabuburit di rumah jadi makin asik.

3. Home Workout

Buat para kaum rebahan, aktifitas ngabuburit satu ini pasti membutuhkan niat serta tekad yang cukup kuat yah? Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba kok home workout ini. Berpuasa tidak menghalangi kita untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Kita bisa mencoba berbagai olahraga ringan untuk tahapan awal. Paling tidak di hari lebaran nanti badan kita juga tidak ikut-ikutan lebar-an.

4. Eksperimen Menu Berbuka dan Sahur

Sering melihat video memasak di berbagai media sosial? Terlihat enak dan mudah dalam proses pembuatannya kan? Kenapa tidak kita mencobanya untuk dijadikan menu berbuka puasa atau sahur. Selain hemat, makanan atau minuman yang dibuat sendiri pastinya akan lebih enak, higienis dan terjamin mutunya daripada membeli jajanan dari luar. Jangan ragu untuk mencobanya.

5. Coba Aplikasi TikTok yuk!

Dikutip dari kompas.com, ternyata bermain TikTok dapat membawa pengaruh positif untuk Kesehatan mental. “Tantangan-tantangan yang ada bisa menjadi cara positif untuk seseorang merasa terhubung dengan orang lain dan merasakan kebahagiaan dengan bergabung permainan tersebut”, tutur seorang psikolog klinis, dr. Julie Smith. Aplikasi kekinian ini dapat membawa dampak positif selama dijadikan sebagai media untuk bersenang-senang, bukan justru membandingkan diri dengan orang lain secara tidak sehat.

Ramadhan tahun ini memang berbeda, kita tidak bisa leluasa untuk beraktifitas seperti tahun sebelumnya. Akan tetapi sisi positifnya, dengan kita berdiam diri di rumah akan semakin memperbanyak peluang bagi kita untuk menjalankan ibadah puasa dengan lebih optimal. Semoga kita kembali dipertemukan dengan Ramadhan tahun berikutnya, aamiin.

Jadi, kalian tim ngabuburit yang mana?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (14)

  1. Ngabuburit tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
    Tapi memang banyak kegiatan yg bisa dilakukan seperti yang disebutkan diatas 😁

  2. bener sekali kaa,,Mash banyak aktifitas yang bisa kita lakukan walau dirmh aja,,seperti td yang disebutkan,,bisa mengikuti webinar untuk nambah wawasan,,jika butuh hiburan bisa sekali kali bkin konten tiktok dan bnyk yg lainnya,,jd ttp bisa trus semangat dalam puasanya