Dikit-Dikit Lupa? Simak 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Ini

  • Bagikan

Cara Meningkatkan Daya Ingat – Halo Sobat Bintang!! Mungkin tak sedikit dari kalian ada yang mudah lupa atau sulit mengingat suatu hal ataupun peristiwa. Disamping itu bagi sebagian orang mungkin masih menganggap bahwa hal ini menjadi suatu hal yang normal atau biasa saja. Namun, memiliki daya ingat yang buruk tetap saja dapat membuat orang tersebut menjadi frustasi.

Selain itu, hal ini sering juga kita kaitkan pada faktor bertambahnya usia. Karena, mudah lupa atau sering kita sebut pikun biasanya dipengaruhi oleh faktor genetika. Tapi pada sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, pola makan dan gaya hidup juga dapat memberi dampak besar pada daya ingat seseorang.

Untuk itu, kalian harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup kalian agar bisa memiliki daya ingat yang bagus. Pola makan dan gaya hidup seperti apa yang dimaksud? Yuk, simak baik baik cara meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa di bawah ini!

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kreativitas, Kalian Berhak Tahu!

cara meningkatkan daya ingat
Dok. Cara Meningkatkan Daya Ingat

Berikut Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa

Dilansir dalam laman alodokter, salah satu tips ampuh yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan daya ingat yakni dengan menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat seperti apa yang baik untuk meningkatkan daya ingat?

1. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Cara meningkatkan daya ingat yang pertama yakni dengan memperhatikan asupan nutrisi kedalam tubuh kalian. Karena, otak kalian tentunya memerlukan asupan makanan yang bergizi agar bisa berfungsi dengan optimal. Perbanyaklah mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, serta kacang-kacangan. Hal ini, dapat membuat fungsi otak kalian lebih terjaga.

Di samping itu, kalian juga harus mengurangi asupan gula. Karena, kandungan gula selain dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, ternyata juga dapat menurunkan daya ingat. Pada salah satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan gula yang berlebih dapat menurunkan daya ingat dan dapat mengurangi volume otak.

2. Rutin Berolahraga

Cara meningkatkan daya ingat yang kedua yakni dengan rutin berolahraga. Olahraga secara rutin juga diakui sebagai cara yang tepat untuk meningkatkan daya ingat dengan optimal. Karena dengan berolahraga, sirkulasi darah di dalam tubuh kalian menjadi lebih lancar dan meningkatkan suplai darah ke otak.

Selain itu, juga dapat mengurangi peradangan, mendorong perkembangan sel saraf baru, mengurangi resistensi insulin serta merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak. Untuk itu, kalian disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau lari selama kurang lebih 30 menit dalam sehari.

Baca juga: 7 Tips Sukses Mengatur Waktu Versi Sobat Sekolah

3. Melakukan Senam Otak

Cara meningkatkan daya ingat yang ketiga yakni dengan melakukan senam otak. Selain menjaga asupan nutrisi dan rutin berolahraga, kalian juga perlu melatih otak kalian agar kemampuannya tetap terjaga. Senam Otak dapat kalian lakukan dengan beberapa cara, yakni dengan mengisi teka-teki silang, bermain puzzel, membaca, bermain catur, sampai belajar memainkan alat musik.

Selain itu, senam otak pun bisa kalian lakukan dengan melakukan hal-hal kecil yang spele. Seperti dengan merapihkan barang-barang pribadi dan menyimpannya dengan teratur. Hal tersebut dapat membuat otak kalian lebih fokus, sehingga dapat membuat daya ingat kalian lebih terjaga.

4. Aktif Bersosialisasi

Cara meningkatkan daya ingat yang keempat yakni dengan aktif bersosialisasi dengan menjalin komunikasi yang baik. Menjalin komunikasi yang baik dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat juga merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Karena, bersama mereka kemungkinan besar menjadikan kalian terbebas dari stres dan depresi. Asal kalian tahu stres dan depresi merupakan penyebab menurunnya daya ingat.

5. Istirahat yang Cukup

Cara meningkatkan daya ingat yang terakhir yakni dengan istirahat yang cukup. Selain melakukan empat hal di atas kalian juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan waktu istirahat kalian. Karena, dengan istirahat yang cukup dapat berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya ingat. Asal kalian tahu, saat kalian tertidur ingatan kalian akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi.

Dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh kalian terasa bugar dan terhindar dari stres. Pada umumnya, di usia kalian remaja menginjak usia 14-17 tahun memerlukan waktu tidur sekitar 8-10 jam per hari. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan kualitas tidur kalian agar dapat membantu kalian untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Covid-19

Nah, itulah 5 cara meningkatkan daya ingat yang bisa kalian lakukan agar tidak mudah lupa. Semoga bermanfaat!! Terus kunjungi Bintang Sekolah Indonesia untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat seputar pendidikan. Tetap semangat untuk meraih cita-cita ya Sobat Bintang!!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *