5 Cara Meningkatkan Kreativitas, Kalian Berhak Tahu!

Cara Meningkatkan Kreativitas – Halo Sobat Bintang! Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki semua orang termasuk kalian untuk menciptakan sesuatu yang baru. Tetapi, bukan berarti harus paling baru, bisa juga merupakan kombinasi dari hal-hal yang telah ada sebelumnya. Memang semua orang pasti memiliki kreativitas, namun kreativitas seseorang pasti berbeda-beda ada yang sangat kreatif bahkan ada juga yang kurang.

Kalian termasuk yang mana nih? Bagi kalian yang merasa masih kurang dalam kreativitas, jangan khawatir. Kreativitas bisa kalian kembangkan dan kalian tingkatkan tentunya sesuai dengan kemampuan kalian masing-masing. Di samping itu, Meningkatkan kreativitas juga sangat diperlukan lho. Karena, dengan hal ini dapat membuat hidup terasa semakin mudah dan juga membantu dalam menyelesaikan suatu masalah.

Apa saja caranya? Yuk, simak baik-baik cara meningkatkan kreativitas ala Bintang Sekolah Indonesia di bawah ini!

Baca juga: 7 Tips Menabung untuk Pelajar, Pasti Bisa!

Cara meningkatkan kreativitas
Ilustrasi, (Sumber: pengenkuliah.com)

Berikut Cara Meningkatkan Kreativitas ala Bintang Sekolah Indonesia

1. Mengamati Sesuatu yang Dikenal

Cara meningkatkan kreativitas yang pertama yakni dengan mengamati sesuatu di sekitar kalian yang kalian kenal. Lingkungan di sekitar kalian bisa menjadi guru yang baik untuk meningkatkan kreativitas kalian lho. Kalian bisa menjadikan apa yang kalian amati sebagai pelajaran dan inspirasi untuk meningkatkan kreativitas dalam diri kalian.

Di samping itu, manfaat dari seringnya kalian mengamati sekitar yakni dapat melatih dan mempertajam ingatan kalian lho. Dengan ingatan kalian yang semakin tajam dapat membuat kalian lebih kreatif dalam mengerjakan sesuatu. Jadi, Yuk mulai dari sekarang belajar untuk peduli dengan sekeliling kalian.

2.  Banyak Membaca

Cara meningkatkan kreativitas lainnya selain mengamati sekitar kalian yakni dengan memperbanyak dalam membaca. Memang, pada umumnya membaca buka dipercaya menjadi aktivitas yang mampu meningkatkan kinerja otak. Dengan membaca, kalian dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang bermanfaat.

Di samping itu, buku juga bisa menjadi gudang imajinasi dan inspirasi kalian. Akan ada banyak hal yang bisa kalian jadikan pelajaran ataupun inspirasi untuk berkarya. Dengan banyak membaca, otomatis otak juga dilatih untuk mengimajinasikan kata demi kata yang tertulis dalam buku tersebut. Selain itu, banyak membaca juga dapat melatih otak untuk lebih berpikir dan mampu memecahkan suatu masalah yang kalian hadapi.

3. Bergaul dengan Orang-Orang yang Kreatif

Cara meningkatkan kreativitas selanjutnya selain mengamati dan membaca yakni dengan bergaul dengan orang-orang yang kreatif. Bergaul dengan orang-orang yang kreatif lainnya bisa menjadi sarana kalian yang baik untuk meningkatkan kreativitas. Kalian bisa saling menuangkan ide, bertukar pikiran, meminta saran maupun kritik untuk mendapatkan inspirasi-inspirasi dan gagasan yang baru.

Kalian bisa mulai bergaul dengan orang orang kreatif lainnya melalui komunitas-komunitas yang ada ataupun dengan orang yang ada di sekitar kalian. Jadi, mulailah untuk bergaul dengan orang-orang kreatif lainnya. Manfaatkan waktu bersama mereka untuk meningkatkan kreativitas yang kalian miliki.

4. Jangan Takut Mengambil Risiko

Cara meningkatkan kreativitas lainnya yakni kalian harus menanamkan sifat berani dan tidak takut dalam mengambil risiko. Pasti kalian sering dihadapkan salam suatu pilihan dan di setiap pilihan pasti memiliki risiko atau tantangan tersendiri. Karenanya, kalian harus memahami hal tersebut dan tidak belajar untuk tidak takut menghadapi tantangan yang bermunculan.

Di samping itu, dengan risiko yang kalian dapat akan secara otomatis melatih otak kalian dalam mencari sebuah solusi. Secara otomatis, hal ini dapat meningkatkan kreativitas kalian dalam memecahkan suatu masalah. Jadi, yuk mulai untuk tidak takut dalam mengambil risiko. Karena jika kalian masih takut, hal ini malah akan menghambat kreativitas yang kalian miliki.

5. Merasa Senang

Cara meningkatkan kreativitas yang terakhir yakni dengan cara melakukan hal yang membuat kalian merasa senang. Karena, umumnya otak akan bekerja lebih maksimal dan efektif dalam suasana yang menyenangkan. Jadi, untuk meningkatkan kreativitas dibutuhkan suasana hati yang senang dan bahagia.

Maka dari itu, kalian harus mengusahakan untuk selalu senang dan bahagia. Kalian harus dapat menguasai diri kalian sendiri agar terhindar dari stres ataupun pengaruh-pengaruh negatif lainnya. Karena, dengan begitu otak kalian akan bekerja secara maksimal.

Baca juga: Introvert? Susah Bergaul? Simak 7 Tips Mudah Bergaul Ini!

Nah, itulah 5 cara meningkatkan kreativitas ala Bintang Sekolah Indonesia. Mulailah dari sekarang untuk meningkatkan kreativitas. Karena, itu akan membantu kalian dalam menghadapi masalah dalam belajar ataupun hidup sehari-hari. Tentunya harus diikuti juga dengan semangat yang tinggi ya Sobat Bintang.

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (13)