Introvert? Susah Bergaul? Simak 7 Tips Mudah Bergaul Ini!

Tips Mudah Bergaul – Halo Sobat Bintang!! Siap nih disini yang masih susah bergaul sampai sekarang? Biasanya yang seperti ini terdapat pada seseorang yang memiliki sifat introvert atau pemalu. Karena, biasanya orang yang memiliki sifat ini cenderung sulit membaur di masyarakat. Dari pada harus berada di keramaian, mereka akan merasa lebih nyaman saat sendiri.

Jika hal itu terus-menerus mereka lakukan, hal ini dapat mengganggu dan menghambat kehidupan sosialnya. Tapi jangan khawatir, disini mimin akan membagikan tips yang bisa kalian lakukan agar mudah dalam bergaul. Seorang psikolog mengatakan bahwa, penting bagi introvert untuk tahu yang mereka lakukan tidak harus seperti ekstrovert. Tapi, mereka harus memanfaatkan kualitas introvet itu sendiri dengan memberdayakan keterampilan komunikasi.

Dengan begitu, akan memberikan dampak terbaik dengan stres yang minimum bagi si introvert. Apa saja tipsnya, yuk simak baik-baik tips mudah bergaul dibawah ini!

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Untuk Introvert ini Cocok Bagi Si Penyendiri

tips mudah bergaul
Ilustrasi, (Sumber: satupersen.net)

Berikut Tips Mudah bergaul Bagi si Introvert

1. Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Tips mudah bergaul bagi introvert yang pertama yakni dengan memperhatikan lingkungan sekitar saat ingin berkomunikasi. Jika, kalian merasa kurang nyaman ketika ingin mulai berkomunikasi di tempat ramai, coba lakukan dulu di tempat yang tidak terlalu ramai. Hal ini bisa kalian lakukan sebagai tahap awal, namun bukan berarti harus berbicara empat mata juga ya.

Salah satu ahli psikolog pun berpendapat bahwa, ketika bekomunikasi dengan orang lain dapat memperhatikan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Mencoba mencari tempat yang relatif jauh dari keramaian. Karena, jika lingkungan sekitar masih terlalu ramai, hal itu membuat energi introvert terserap dan membuatnya mudah stres.

2. Menunjukkan Minat

Tips mudah bergaul bagi introvert yang kedua yakni dengan menunjukkan minat untuk bersosialisai atau memulai obrolan. Dengan begitu, kalian dapat dengan mudah memulai atau pun bergabung kedalam sebuah obrolan. Hal ini bisa mengarah kepada obrolan dan cerita yang lebih mengalir. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya tantang apa yang lawan bicara minati atau mulai. Agar komunikasi yang terjalin terasa lebih nyaman dan santai.

3. Tersenyum dan Menyapa

Tips mudah bergaul bagi introvert yang ketiga yakni dengan tersenyum dan mulai dengan sapaan. Usahakan kalian jangan merasa malu untuk tersenyum atau menyapa orang lain duluan. Karena manurut salah satu psikolog dengan memberikan kesan pertama yang ramah, akan memudahkan kalian masuk ke topik-topik yang akan kalian bahas.

Dengan kesan yang ramah, orang lain juga akan cenderung merasa lebih nyaman untuk mengenal, mengobrol, dan berteman dengan kalian. Hal ini bisa kalian terapkan misalnya di kantor, acara keluarga, atau acara kumpul dengan teman-teman.

4. Bersikap Apa Adanya

Tips mudah bergaul bagi introvert yang keempat yakni bersikap apa adanya. Hal ini merupakan salah satu hal yang tidak boleh kalian lewatkan. Jadilah diri sendiri, kalian tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki kepribadian seperti orang lain. Karena, jika merasa tidak nyaman dan terkesan dipaksakan, justru akan membuat manfaatnya dari bergaul tidak terasa.

Menurut salah satu psikolog, terkadang introver butuh jeda saat menyampaikan sesuatu atau berkomunikasi dengan orang lain. Mereka sulit untuk melakukannya secara terus-menerus. Jadi, sampaikan saja kalau kalian sedang membutuhkan waktu untuk berpikir sejenak.

Baca juga: 5 Contoh Teks Inspiratif Lengkap Beserta Strukturnya

5. Bersosialisasi dengan Alasan yang Tepat

Tips mudah bergaul bagi introvert yang kelima yakni bersosialisasilah dengan alasan yang tepat. Jika kalian merasa tidak nyaman datang ke sebuah acara, jangan sekali-kali kalian paksakan. Namun, kalian juga sebelumnya harus pertimbangkan lagi, apakah acara tersebut benar-benar penting atau tidak? Dan juga jika kalian tidak datang, apakah kalian akan merasa bersalah?

Jangan khawatir, mengambil keputusan seperti itu pelan-pelan akan membuat kalian merasa terbiasa. Hal yang paling penting yakni mengikuti kata hati dan selalu coba jalin komunikasi yang baik. Di samping itu, usahakan untuk membangun kehidupan sosial yang positif dan membawa rasa bahagia.

6. Menjadi Pendengar yang Baik

Tips mudah bergaul bagi introvert yang keenam yakni menjadi pendengar yang baik. Ketika kalian sedang mengobrol, jangan lupa juga untuk mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik. Usahakan untuk menghindari kebiasaan memotong pembicaraan, karena hal itu akan membuat percakapan menjadi tidak nyaman. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah saling menghargai pendapat satu sama lain.

7. Memberi Pujian

Tips mudah bergaul bagi introvert yang terakhir yakni memberi pujian. Pujian yang kalian berikan pun harus dalam porsi yang wajar, jangan berlebihan dan terkesan palsu. Karena, suatu hal baik yang kalian ucapkan kepada orang lain biasanya akan membuat suasana lebih menyenangkan. Tidak masalah jika kalian masih merasa canggung atau merasa gagal di awal bersosialisasi. Hal ini memang membutuhkan waktu dan latihan agar dapat terbiasa.

Nah, itulah 7 tips mudah bergaul bagi si introvert yang dikutip dari laman klikdokter.com. Berinteraksi dengan orang lain adalah hal yang penting bagi kita sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Terimakasih, tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (15)