Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Covid-19

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh – Halo Sobat Bintang! Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia terutama Indonesia ini telah mengajarkan banyak hal dalam kehidupan kita semua. Terutama dalam hal menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit, khususnya penyakit corona. Perlu kita ketahui bahwa penyakit corona ini disebabkan oleh virus yang bernama Covid-19.

Sampai sekarang telah banyak hal yang di upaya kan agar kita tidak terpapar dari penyakit ini. Salah satunya dengan melakukan 5M yakni Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas. Nah, selain dengan melakukan 5M kita juga harus menjaga imun tubuh tetap bagus, untuk menangkal penyakit tersebut.

Agar menjaga imun tubuh tetap bagus, kita harus bisa menerapkan pola hidup sehat yang benar. Ada beberapa hal sederhana pola hidup sehat yang bisa kita perhatikan dan lakukan. Apa aja itu? Yuk, simak baik-baik cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari Covid-19 di bawah ini.

Baca juga: Terlalu Banyak Video Conference, Hati-Hati Kesehatan Mental

Cara menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi, (Sumber: perkumpulanidea.or.id)

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Covid-19

1. Mengelola stres dengan baik

Cara menjaga kesehatan tubuh yang pertama yakni dengan menghindari stres. Stres merupakan hal yang sering terjadi pada semua orang. Untuk itu, kita harus bisa mengelolanya dengan sebaik mungkin. Karena, stres yang berlebihan akan mengganggu metabolisme yang ada dalam tubuh kita. Hal ini, terjadi karena pada saat kita stres berlebihan kadar kartosil di dalam tubuh kita meningkat secara berlebihan.

Akibat metabolisme tubuh kita yang terganggu ini dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengelola stres dengan baik. Dalam mengelola stres dengan baik, kalian bisa mencoba dengan jalan-jalan di alam, mengobrol dengan teman, beribadah dan melakukan hobi kalian. Namun, jika stres yang kalian rasakan belum juga membaik atau makin buruk, sebaiknya segera cari bantuan psikolog.

2. Tidur yang cukup

Cara menjaga kesehatan tubuh yang lainnya yakni dengan tidur yang cukup. Begadang merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Sering orang yang seharusnya tidur, malah menghabiskan malamnya dengan bermain handphone atau menonton TV. Padahal kekurangan tidur dapat mengganggu kinerja tubuh kita mulai dari konsentrasi, kewaspadaan sampai kinerja sel di tubuh kita.

Hal ini, dapat meningkatkan kemungkinan besar terkena penyakit jantung, stroke, obesitas, diabetes serta masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, penting bagi kita untuk tidur dengan cukup dan berkualitas. Agar bisa tidur dengan mudah dan berkualitas, biasakan tidak meminum kopi di sore atau malam hari dan meredupkan lampu beberapa jam sebelum tidur. Selain itu, cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama di setiap harinya. Dengan tidur yang cukup dapat membuat kinerja sel dalam tubuh tidak terganggu dan menjadikan tubuh kita sehat secara keseluruhan.

3. Bijak dalam makan dan minum

Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya yakni dengan bijak dalam makan dan minum. Bijak dalam makan dan minum ini yakni baik dalam hal makan dan minum sehari-harinya. Biasanya banyak orang yang mengabaikan poin ini, banyak orang yang makan dan minum sesukanya. Padahal kapan dan apa yang kita makan dan minum sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Maka dari itu, penting untuk kita agar bijak dalam makan dan minum.

Nah, bagaimana kita bisa bijak dalam makan dan minum? Pertama, kalian harus bisa makan  dengan teratur 3 kali sehari, pagi, siang dan malam dengan waktu yang sesuai. Kemudian, makanan yang kita konsumsi pun harus seimbang dengan kebutuhan tubuh kita. Setelah itu, kita juga harus memperbanyak minum air putih untuk menjaga agar tubuh kita tidak kekurangan air. Di samping itu semua, kita juga harus menjauhi rokok dan alkohol serta membatasi makanan siap saji dan minuman bersoda.

Baca juga: Resep Orak Arik Sayuran Sehat Dan Bergizi Dalam Menghadapi Era New Normal

4. Berolahraga secara rutin

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya yakni dengan berolahraga dengan rutin. Berolahraga secara rutin dapat membuta kinerja tubuh kita menjadi lebih baik. Hal ini dapat berdampak bagus terhadap tubuh kita, salah satunya dapat terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, olahraga dengan rutin dapat mengendalikan berat badan dan membuat kita menjadi lebih bugar. Maka dari itu, penting untuk kita berolahraga secara rutin setiap harinya.

Untuk itu, cobalah untuk berolahraga sekitar 30 hingga 60 menit secara rutin sebanyak 5 kali dalam seminggu. Namun, jika kalian tidak bisa melakukannya sesering itu, maka lakukanlah semampunya dari pada tidak sama sekali. Kalian juga tidak perlu melakukannya terlalu berlebihan karena terlalu banyak olahraga pun dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh.

5. Menjaga berat badan ideal

Cara menjaga kesehatan tubuh yang terakhir ini sebenarnya dapat terlaksana jika cara sebelumnya dapat berjalan dengan baik. Menjaga berat badan ideal merupakan hal yang penting juga untuk kita lakukan, hal ini dapat menurunkan risiko terkena serangan penyakit.

Karena, jika memiliki berat badan yang berlebih hingga obesitas dapat meningkatkan resiko seseorang terkena berbagai penyakit yang berbahaya. Di samping itu, jika memiliki berat badan yang terlalu rendah juga bisa menandakan tubuh kita mengalami kekurangan nutrisi.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Mahoni untuk kesehatan

Demikian 5 cara menjaga kesehatan tubuh kita dapat terjaga. Dengan, melakukan 5 hal sederhana di atas kemungkinan besar tubuh kita bisa terus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit corona. Selain itu, jangan lupa juga untuk terus berdoa kepada tuhan yang maha esa agar selalu diberikan kesehatan. Tetap semangat ya Sobat Bintang!! Selam sehat untuk kita semua!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (15)