Jangan Khawatir Jika Lupa NISN, Inilah 5 Aplikasi Mencari NISN Siswa Paling Akurat!

  • Bagikan

Aplikasi Mencari NISN Siswa – Halo Sobat Bintang! Seperti yang diketahui bahwa NISN termasuk data penting yang harus disimpan oleh siswa-siswi. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak yang lupa berapa NISNnya. Namun, adanya aplikasi mencari NISN siswa akan mempermudah untuk siapapun yang ingin melihat NISNnya tersebut. Simak ulasan lebih detailnya pada informasi di bawah ini.

1. Aplikasi Cek NISN New

Sebenarnya ini merupakan aplikasi mencari NISN Siswa yang sudah lama dibuat oleh POPSI. Aplikasi ini tidak akan memenuhi perangkat penyimpanan pengguna karena ukurannya sangat kecil yaitu hanya 2,9 MB.

Aplikasi tersebut siap membantu para siswa yang membutuhkan NISN. Cukup mudah untuk menemukan NISN lewat aplikasi ini yaitu hanya dengan memasukkan nama lengkap. Setelah itu, akan muncul NISN pada layar.

Baca Juga: Cek Penerima PIP SD, SMP, SMA, SMK

2. Aplikasi Dapodik All in One

Semua data telah terangkum di dalam aplikasi ini dengan lengkap. Data yang dimaksud seperti data siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Petunjuk yang diberikan oleh aplikasi Dapodik All in One juga sangat mudah, sehingga para guru dan siswa bisa menemukannya sendiri tanpa meminta bantuan orang lain.

Tidak harus menggunakan laptop, karena bisa diakses pada android. Pengguna cukup unduh aplikasi dari PlayStore lalu masuk ke aplikasinya. Kemudian pada menu pencarian NISN, masukkan data yang diminta oleh aplikasi. Tunggu sampai NISN pengguna muncul di layar.

3. Aplikasi Cetak Kartu NISN

Adakalanya siswa sudah memiliki kartu NISN, namun pada bagian yang tertera  NISN tidak bisa dilihat dengan jelas. Mungkin saja karena sudah tergores atau terpotong, sehingga tak bisa dibaca lagi.

Oleh karena itu, siswa bisa memanfaatkan barcode yang terdapat di atas kartu tersebut. Melalui aplikasi Cetak Kartu NISN ini, pengguna bisa melakukan scan pada barcode tersebut. Setelah itu tunggu beberapa saat.

Apabila prosesnya telah selesai, maka akan ditampilkan beberapa data dari siswa terkait dan tentunya sudah sesuai dengan kartu. Selanjutnya, siswa juga bisa cetak kartu NISN lewat aplikasi ini, dengan memanfaatkan bantuan komputer dan printer.

4. Aplikasi Cek NISN Siswa yang Akurat

Pengguna tidak perlu heran dengan aplikasi satu ini, karena namanya memang sengaja dibuat seperti itu. Sesuai namanya, tentu aplikasi tersebut bisa menampilkan NISN dari berbagai siswa-siswi yang sudah tidak ingat lagi NISNnya. Setiap NISN siswa tidak sama dan bersifat unik, sehingga tidak mungkin sama dengan siapapun.

Meskipun aplikasi ini bukan digarap oleh Kemendikbud, akan tetapi ini tetap bisa digunakan sebagai alternatif dalam mengecek NISN siswa. Ukurannya agak sedikit lebih besar dari aplikasi lainnya yaitu berkisar 7,2 MB. Meskipun demikian, ini masih bisa diunduh pada perangkat pengguna dengan mudahnya.

Baca Juga: Snack Video, Bisa Dapat Uang dari Konten, Apakah Aman Digunakan?

5. Aplikasi Kemendikbud

Untuk bisa menjalankan aplikasinya, pengguna harus kunjungi dulu website https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama. Setelah itu akan muncul beberapa kolom seperti nama, tanggal dan tempat lahir, dan nama orang tua.

Semua kolom tersebut harus diisi dengan benar untuk memunculkan NISN tersebut. Pastikan pengguna sudah centang “saya bukan robot” dan dilanjutkan dengan pencarian data. Jika koneksi stabil, maka biasanya NISN akan langsung muncul. Namun apabila koneksi buruk. Pengguna harus sabar menunggu.

Kelima aplikasi di atas pastinya sangat memudahkan siswa untuk mencari NISN yang lupa ataupun hilang. Meskipun pengguna juga bisa mengakses data orang lain, pastikan untuk tidak melakukan hal tersebut tanpa seizin pemiliknya.

Demikianlah 5 aplikasi mencari NISN siswa yang dapat diinformasikan. Agar tidak perlu repot-repot lagi membuka aplikasi ketika ingin mencari NISN, sebaiknya siswa mencetak kartu NISN tersebut. Sebab di atas juga sudah diterangkan aplikasi yang bisa mencetak kartu NISN, sehingga ini bisa dimanfaatkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *