Kenapa Harus Ikut Organisasi di Sekolah? Cek 5 Manfaatnya di Sini!

Ikut Organisasi di sekolah โ€“ Halo Sobat Bintang!! Tidak terasa tahun ajaran baru atau TA. 2021/2022 telah dimulai serentak di seluruh Indonesia. Tepatnya pada hari senin tanggal 2 Agustus 2021 kemarin. Peserta didik baru dari mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/K) sudah melakukan kegiatan pembelajaran.

Pada umumnya di setiap sekolah pasti ada sebuah organisasi siswa yang bernaung di dalamnya. Mulai dari induk organisasi tersebut yang bernama OSIS dan MPK, sampai organisasi lain yang bernaung di bawahnya. Organisasi tersebut diantaranya Pramuka, Paskibra, PMR, KIR dan lain sebagainya.

Di samping itu, tak jarang kita sering mendengar orang lain berbicara tentang pentingnya mengikuti sebuah organisasi di sekolah. Setuju atau tidak, hal tersebut memang telah terbukti kebenarannya. Kita dapat melihat dari manfaat signifikan yang didapat dalam mengikuti organisasi. Apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak baik-baik manfaat ikut organisasi di sekolah di bawah ini!

Baca juga:ย 10 Manfaat Rajin Membaca, Kalian Harus Tahu!

Ikut Organisasi DI sekolah
Ilustrasi, (Sumber: tribunnews.com)

Berikut Manfaat Ikut Organisasi di Sekolah yang Akan Kalian Rasakan

1. Meningkatkan berbagai kemampuan diri

Manfaat ikut organisasi di sekolah pertama yang akan kalian rasakan yakni meningkatnya berbagai kemampuan di dalam diri. Berkecimpung di dunia organisasi sekolah akan sangat bermanfaat mengasah berbagai kemampuan kalian.

Kemampuan tersebut diantaranya berbicara di depan umum ย (Public Speaking), berkomunikasi, bersosialisasi dan sebagainya. Selain itu, ikut organisasi yang ada di sekolah juga akan meningkatkan keterampilan kalian dalam menyelesaikan masalah. Juga, membentuk pola pikir yang positif

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat ikut organisasi di sekolah kedua yang akan kalian rasakan yakni meningkatnya rasa percaya diri yang kalian miliki. Dengan aktif berorganisasi di sekolah akan membentuk aktualisasi diri kalian sehingga terbentuk kepercayaan diri yang tinggi. Kalian akan merasa lebih percaya diri dalam pergaulan di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat sekitar.

3. Meningkatkan jiwa kepemimpinan

Manfaat ikut organisasi di sekolah ketiga yang akan kalian rasakan yakni meningkatnya jiwa kepemimpinan yang kalian miliki. Misalkan, jika kalian terpilih menjadi pengurus OSIS, kalian akan belajar menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang memahami anggota yang dipimpinnya, serta mengerti seluk beluk kepemimpinan dan organisasi.

4. Menambah wawasan dan pengalaman

Manfaat ikut organisasi di sekolah keempat yang akan kalian rasakan yakni bertambahnya wawasan dan pengalaman yang kalian miliki. Hal ini akan kalian rasakan setelah kalian ikut dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam organisasi tersebut. Wawasan kalian akan terbuka terhadap hal-hal baru yang mungkin sebelumnya belum pernah kalian ketahui.

Selain itu, dengan selalu dihadapkan dengan sesuatu yang baru tentunya akan menambah pengalaman kalian untuk menangani hal yang sama di masa yang akan datang.

5. Menjadi terkenal

Manfaat ikut organisasi di sekolah terakhir yang akan kalian rasakan yakni akan membuat kalian menjadi siswa yang terkenal. Siswa yang aktif berorganisasi di sekolah biasanya akan lebih dikenal oleh semua warga sekolah. Salah satunya guru-guru yang ada di sekolah, hal ini bisa bermanfaat juga untuk mendapat nilai tambah dari guru yang bersangkutan. Bahkan, bisa jadi siswa yang sudah terkenal di sekolahnya juga akan dikenal oleh siswa dan guru dari sekolah lain.

Baca juga:ย 5 Keuntungan Menulis

Nah, itulah 5 manfaat yang akan kalian rasakan jika aktif ikut organisasi di sekolah. Cukup menarik kan? Dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang akan kalian rasakan dalam berorganisasi selain dari lima diatas. Jadi, jangan malas untuk aktif berorganisasi di sekolah yah. Ini semua merupakan sebagian dari langkah kalian untuk menggapai cita-cita kalian. Semoga bermanfaat!! Semangat!!

Respon (10)

  1. ikut organisasi sangat penting , melatih mental , nambah relasi nambah pengalaman . yg masih sekolah/kuliah mending ikut organisasi dari sekarang deh dijamin seruu ๐Ÿ˜

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *