Bingung Pilih Jurusan IPA atau IPS? Cek Perbedaannya Disini!

Jurusan IPA atau IPS – Halo Sobat Bintang!! Dari dulu sampai saat ini perdebatan pemilihan jurusan di sekolah masih sering terjadi. Salah satu yang sering diperdebatkan yakni jurusan mana yang lebih baik. Perdebatan ini hanya akan membuat kalian Sobat Bintang yang sedang akan menentukan jurusan, kebingungan saat memilih jurusan.

Padahal, siswa atau siswi dari jurusan IPA atau IPS memiliki kemampuan yang setara tergantung dari kalian sendiri. Sebenarnya kalian hanya menentukan ingin jadi pelajar yang seperti apa, bagaimana belajarnya, dan yang lainnya. Jadi, tidak ada jurusan yang terbaik atau lebih baik diantara jurusan IPA atau IPS.

Untuk itu, sebelum kalian menentukan pilihan, yuk simak baik-baik dulu perbedaan jurusan IPA dan IPS di bawah ini!

Baca juga: Tips Menabung untuk Pelajar

jurusan ipa atau ips
Dok: Jurusan IPA atau IPS

Perbedaan Jurusan IPA dan IPA

Di suatu Sekolah Menengah Atas (SMA) umumnya terdapat 2 penjurusan yakni IPA dan IPS. Namun, saat ini kita mengenalnya dengan jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam) dan IIS (Ilmu-Ilmu Sosial). Meski berubah nama tapi apa yang diajarkan masih sama seperti dulu.

Pembagian jurusan ini dikarenakan perbadaan latar belakang ilmu dari jurusan tersebut. Selain itu, alasan utama dari pembagian jurusan ini yakni agar siswa/i bisa lebih fokus dalam belajar dan mendalami ilmu. Kalian sudah tahu ilmu apa saja yang difokuskan dalam masing-masing jurusan tersebut?

Sesuai dengan namanya, MIA atau IPA mempunyai latar belakang ilmu yang mempelajari bagaimana alam ini bekerja. Ilmu atau mata pelajaran yang akan dipelajari di jurusan ini yakni Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan IIS atau IPS mempunyai latar belakang ilmu yang mempelajari tentang sosial dan kemasyarakatan. Kemudian, ilmu atau mata pelajaran yang akan dipelajari di jurusan ini yakni Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi.

Dari penjelasan singkat itu, apa kalian sudah bisa menentukan jurusan apa yang kalian pilih? Jurusan IPA atau IPS? Jika, belum yuk simak baik-baik penjelasan singkat mengenai masing-masing ilmu yang dipelajari di jurusan IPA dan IPS di bawah ini.

1. Jurusan IPA

Jurusan IPA atau IPS
IPA, Ilustrasi: Fimela.com
  • Ilmu Matematika
    Di sini kalian akan mempelajari tentang struktur, ruang, besaran, dan perubahan. Ilmu matematika terdiri dari matematika murni dan matematika terapan. Matematika murni merupakan bidang khusus yang mempelajari perkembangan matematika itu sendiri. Sedangkan, matematika terapan merupakan bidang ilmu yang mempelajari penggunaan atau penerepan matematika ke bidang-bidang lain.
  • Ilmu Fisika
    Di sini kalian akan mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda mati di alam seperti gaya, energi, gelombang, daya, muatan dan lain sebagainya.
  • Ilmu Biologi
    Beda halnya dengan Fisika, Di Ilmu Biologi ini kalian akan mempelajari tentang kehidupan dan hal-hal yang berkaitan dengan makhluk hidup. Jadi, kalian akan mempelajari tentang makhluk hidup termasuk pertumbuhannya, fungsi, struktur, evolusi, persebaran serta taksonominya.
  • Ilmu Kimia
    Di sini kalian akan mempelajari tentang struktur, susunan, sifat-sifat serta perubahan pada suatu materi yang sering kita dengan sebagai reaksi kimia.

Baca juga: Definisi dan Teori Perubahan Sosial

2. Jurusan IPS

Jurusan IPA atau IPS
IPS, Ilustrasi: Fimela.com
  • Ilmu Ekonomi
    Pada umumnya Ilmu Ekonomi yakni ilmu yang mempelajari tentang bagaimana masyarakat mencapai kesejahteraan. Di sini kalian akan belajar meliputi pembangunan ekonomi di Indonesia, APBD dan APBN, pasar modal, dan sistem ekonomi secara umum lainnya.
  • Ilmu Geografi
    Di sini kalian akan mempelajari ilmu tentang bumi beserta isi atau penghuninya. Kalian akan belajar meliputi hakikat keilmuan geografi, tata surya dan bumi, batuan dan tanah, serta cuaca dan iklim.
  • Ilmu Sejarah
    Sesuai dengan namanya, di sini kalian akan mempelajari tentang sejarah kehidupan atau kehidupan di masa lampau. Karena ini di negara Indonesia, kalian akan belajar mengenai sejarah Bangsa Indonesia dari pra aksara sampai modern.
  • Ilmu Sosiologi
    Di sini kalian akan mempelajari ilmu mengenai kemasyarakatan. Kalian mengenai konsep-konsep dasar sosiologi meliputi interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi, perilaku yang menyimpang sampai bagaimana sosiologi diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Nah, itu lah sekilas perbedaan IPA atui MIA dan IPS atau IIS dalam segi ilmu yang akan dipelajarinya. Jadi, sudah bisa menentukan jurusan yang akan kalian pilih? Jurusan IPA atau IPS? Untuk informasi bermanfaat lainnya terus kunjungi website Bintang Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Respon (10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *