Cari Jurusan Kuliah Kekinian? Simak 5 Jurusan ini!

  • Bagikan

Jurusan Kuliah Kekinian – Halo Sobat Bintang!! Era digitalisasi menuntut semua aspek harus berinovasi dengan meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuannya untuk beradaptasi. Banyak teknologi informasi terbarukan yang punya peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Semakin hari persaingan dunia kerja pun akan semakin ketat. Agar dapat mengikuti derasnya arus perkembangan teknologi informasi, maka generasi muda harus punya skill dan pengetahuan yang mumpuni di bidang teknologi.

Generasi muda sebagai pengemban masa depan, senantiasa dituntut untuk terus meningkatkan wawasan dan pengetahuannya. Demi menunjang karier masa depan dan memenuhi kebutuhan masyarakat digital, maka perlu memilih jurusan atau program studi (prodi) kekinian yang sesuai dengan kebutuhan di era digital.

Baca juga: Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan

Jurusan kuliah Kekinian
Dok. Jurusan Kuliah Kekinian

Jurusan Kuliah Kekinian yang Dibutuhkan di Era Digital

1. Aktuaria

Jurusan Kuliah Kekinian yang pertama yakni ada Aktuaria. Ilmu aktuaria merupakan bidang ilmu irisan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, peluang dan statistika, ekonomi, keuangan dan juga komputasi. Prodi aktuaria mempelajari berbagai bidang lainnya seperti matematika (kalkulus, aljabar, linear, persamaan differential), statistika dan peluang (teori peluang, metode statistika).

Selain itu, juga mempelajari makroekonomi dan mikroekonomi, keuangan, investasi, pengelolaan dan pemodelan risiko. Adapun beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang telah membuka Prodi Aktuaria yakni Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Teknik Biomedik

Jurusan Kuliah Kekinian yang kedua yakni ada Teknik Biomedik. Prodi Teknik Biomedik merupakan prodi yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Teknik biomedik melibatkan pembelajaran seputar dunia biologi dengan cara yang baru. Lulusan Prodi Teknik Biomedik diharapkan mampu mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan. Atau untuk memperbaiki organ/bagian badan yang sakit pada tubuh manusia.

Prodi Teknik Biomedik punya beberapa bidang konsentrasi yaitu, biologi kontrol, biologi molukuler, biologi reproduksi, histopatologi, biofisika, instrumentasi medik, rekayasa genetik dan kimia medisinal. Adapun perguruan tinggi yang telah membuka prodi Teknik Biomedik yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Indonesia (UI).

3. Bisnis Digital

Jurusan Kuliah Kekinian yang ketiga yakni ada Bisnis Digital. Prodi Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Secara umum, prodi ini untuk mempersiapkan SDM yang mampu menguasai bidang startup digital, big data, artificial intelligence dan marketplace.

Bisnis Digital mempunyai kekuatan pada pembelajaran bisnis menggunakan teknologi digital. Adapun perguruan tinggi di Indonesia yang telah membuka prodi Bisnis Digital, diantaranya Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Padjajaran dan Bina Nusantara (BINUS).

Baca juga: Jurusan Kuliah S2 yang Paling Dibutuhkan

4. Rekayasa Keselamatan Kebakaran

Jurusan Kuliah Kekinian yang keempat yakni ada Rekayasa Keselamatan Kebeakaran. Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran dibuka untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam keselamatan kebakaran di Indonesia. Dalam prodi ini, mampu mengoptimalkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membantu memecahkan persoalan rekayasa keselamatan kebakaran.

Prodi ini akan mempelajari life safety, property safety, evironmental safety, business/industrial safety dan social safety. Adapun perguruan tinggi yang membuka prodi ini yakni Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

5. Sains Data

Jurusan Kuliah Kekinian yang terakhir yakni ada Sains Data. Sains Data merupakan Ilmu multidisipliner yang diterapkan pada berbagai bidang. Bidang tersebut, antara lain, bidang kesehatan, pemerintahan, bisnis, perbankan, keuangan, manufaktur, pemasaran dan lainnya. Ilmu terapan ini secara khusus mempelajari dan menganalisis data.

Fungsi ilmu sains data di era digital sangat penting, mengingat data yang begitu melimpah. Data tersebut dapat dijadikan informasi dalam menentukan keputusan penting pada suatu perusahaan atau organisasi. Adapun beberapa perguruan tinggi yang telah membuka prodi Sains Data, diantaranya Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang telah terakreditasi B (Baik Sekali), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Airlangga (Unair).

Baca juga: Jurusan Kuliah Untuk Introvert

Itulah 5 prodi kekinian yang banyak dicari perusahaan. Kelima prodi di atas sangat sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Kelima prodi ini juga mampu menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Jadi tunggu apalagi, segera pilih prodi kekinian yang sesuai dengan bakat dan minat. Agar kelak mampu mengambil peran dalam mewujudkan Indonesia digital dan menjawab tantangan zaman. Dan jangan lupa, tetap semangat ya Sobat Bintang!!

  • Bagikan

Respon (7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *