10 Hal yang Membatalkan Puasa, Sobat Bintang Harus Tahu!

Hal yang Membatalkan Puasa – Halo Sobat Bintang!! Memasuki bulan ramadhan yang mulia ini, tentunya kita sebagai umat muslim wajib untuk melaksanakan ibadah puasa. Pastinya kalian sudah tahu kan apa itu puasa? Yups, Puasa menurut istilah memiliki makna menahan diri. Maksud dari menahan diri ini, dalam menjalankan ibadah puasa kita harus bisa menahan diri dari sesuatu yang dapat membatalkan puasa. Kita harus mampu menahannya dari terbit fajar (waktu subuh) sampai matahari terbenam (waktu maghrib).

Kewajiban berpuasa bagi umat muslim di bulan ramadhan ini telah tercantum jelas pada Surah Al-Baqarah Ayat 183. Ayat itu berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Sebelum menjalankan puasa, tentunya kita sebagai umat muslim harus mengetahui apa saja yang dapat membatalkan puasa. Hal ini agar puasa kita dapat terjaga demi kesempurnaan dalam berpuasa. Apa saja itu? Yuk, simak baik-baik rangkuman mimin yang satu ini, tentang 10 hal yang membatalkan puasa.

Baca juga: Begini 6 Tips Menyambut Bulan Ramadhan

hal yang membatalkan puasa
Ilustrasi (Sumber: alazharcitangkolo.com)

Berikut 10 Hal yang Membatalkan Puasa versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Makan dan minum dengan sengaja

Hal yang Membatalkan Puasa

Hal yang membatalkan puasa yang pertama yakni makan dan minum dengan cara sengaja. Syarat dari sahnya puasa yakni dapat menahan hawa nafsu. Keinginan kalian untuk makan dan minum merupakan jenis nafsu yang membatalkan puasa. Selain itu, segala sesuatu yang masuk melalui rongga atau lubang pada tubuh dapat membatalkan puasa jika kalian melakukannya dengan sengaja.

Sama halnya apabila kalian makan dam minum yang masuk melalui mulut kalian secara sengaja. Perhatikan baik-baik hal ini dapat membatalkan puasa jika kalian lakukan secara sengaja. Apabila kalian lupa dan tidak sengaja, itu tidak akan membatalkan puasa kalian. Namun, kalian harus segera membasuh mulut kalian dengan berkumur.

2. Muntah secara sengaja

Hal yang membatalkan puasa

Hal yang membatalkan puasa selanjutnya yakni muntah dengan cara kalian sengaja. Maksud dari muntah sengaja ini adalah muntah yang terjadi karena kalian memasukkan sesuatu ke dalam tenggorokan kalian sampai muntah. Namun, apabila kalian muntah dengan tidak sengaja, kalian cukup membasuh mulut kalian dengan berkumur, setelah itu kalian bisa melanjutkan berpuasa.

3. Keluar air mani secara sengaja

Hal yang membatalkan puasa berikutnya yakni keluar air mani dengan cara kalian sengaja. Keluarnya air mani yang terjadi karena bersentuhan dengan lawan jenis tanpa berhubungan seksual pun dapat membatalkan puasa. Selain bersentuhan dengan pasangan, keluar air mani yang dapat membatalkan puasa ini juga baik dalam konteks masturbasi (onani). Namun, jika air mani ini keluarnya karena mimpi basah, hal ini termasuk tidak sengaja, sehingga puasa kalian tidak akan batal.

4. Berhubungan badan

Hal yang membatalkan puasa yang selanjutnya yakni berhubungan badan atau hubungan suami-istri. Suami-istri yang melakukan hubungan seksual dengan sengaja di siang hari pada saat puasa di bulan ramadhan. maka akan batal puasanya. Selain puasanya yang batal, diharuskan juga untuk membayar denda atau kafarat bagi sang suami.

5. Haid

Hal yang membatalkan puasa

Hal yang membatalkan puasa yang berikutnya yakni haid atau datang bulan bagi kalian yang berjenis kelamin perempuan. Seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa lalu tiba-tiba ia datang bulan atau menstruasi maka puasanya tidak sah atau batal. Walaupun Haid ini keluarnya beberapa menit menjelang waktu adzan maghrib, maka puasanya tetap batal. Perempuan yang mengalami menstruasi pada bulan ramadhan, dapat menggantinya dengan puasa sejumlah dengan hari batal puasanya karena menstruasi.

Baca juga: Menu Buka Puasa yang Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

6. Nifas

Hal yang membatalkan puasa selanjutnya yakni nifas setelah melakukan proses melahirkan. Nifas merupakan darah yang keluar setelah seorang perempuan melakukan proses melahirkan. Biasanya darah nifas ini akan keluar selama 40 hari setelah melahirkan.

7. Gila

Hal yang membatalkan puasa berikutnya yakni gila atau junun. Jika seseorang mendadak gila saat menjalankan ibadah puasa walaupun hanya sebentar, maka puasanya tidak sah atau batal. Maka kita harus menjaga kejiwaan kita saat sedang berpuasa, jangan terlalu stress karena memikirkan sesuatu.

8. Merokok

Hal yang membatalkan puasa

Hal yang membatalkan puasa yang selanjutnya yakni merokok. Meskipun merokok bukan termasuk makan dan minum, namun merokok ini juga dapat membatalkan puasa. Karena dengan merokok kita memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dan biasanya merokok juga mempunyai rasa pada lidah.

9. Berenang

hal yang membatalkan puasa

Hal yang membatalkan puasa yang berikutnya yakni berenang. Memang pada dasarnya berenang tidak dapat membatalkan puasa. Namun, selama berenang kalian harus bisa menjaga air agar tidak masuk ke dalam tubuh kalian. Pastinya hal ini sangat sulit kalian lakukan, jadi sebaiknya hindari aktivitas berenang di siang hari.

10. Murtad

Hal yang membatalkan puasa yang terakhir yakni murtad. Murtad merupakan kondisi dimana seorang muslim keluar dari agama islam, Na’udzubillahimindzalik. Hal ini terjadi baik karena keyakinan, ucapan maupun perbuatan. Karena syarat sah dari puasa itu beragama islam, maka jika seseorang keluar dari islam dengan otomatis puasanya pasti akan batal.

Wallahu A’lam Bishawab

Baca juga: 5 Aktivitas Ngabuburit Kaum Millenial

Nah, itulah 10 hal yang membatalkan puasa yang telah mimin rangkum dengan versi bintang sekolah indonesia. Semoga bermanfaat!! Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Tetap Semangat ya Sobat Bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (33)