5 Cara Mengetahui Potensi Diri, Ketahui Bakat Kalian Sejak Dini

  • Bagikan

Cara Mengetahui Potensi Diri – Halo Sobat Bintang!! Setiap orang pasti mempunyai potensi diri atau bakat yang berbeda-beda dalam dirinya. Potensi diri atau bakat merupakan sebuah kemampuan seseorang yang kemungkinan besar bisa ditingkatkan menjadi lebih baik. Bakat ini bisa meliputi kapasitas intelegensi, sikap, bahkan kepribadian.

Beberapa orang mungkin sudah ada yang memiliki potensi diri atau bakat yang menonjol sejak kecil. Namun, tidak sedikit ada juga orang yang tidak memiliki bakat yang menonjol. Bagi orang-orang yang seperti ini, jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak buruk pada dirinya di masa yang akan datang.

Karena, dengan mengetahui potensi diri atau bakat sejak dini kalian bisa mengembangkan kemampuan yang kalian miliki itu dengan baik. Hal ini, tentu akan sangat bermanfaat bagi diri kalian dan orang-orang di sekitar kalian di masa yang akan datang. Meski menemukan potensi diri termasuk hal yang sulit, tapi kalian bisa berusaha dengan berbagai cara. Untuk itu, yuk simak baik-baik cara mengetahui potensi diri di bawah ini!

Baca juga: Dikit-Dikit Lupa? Simak 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Ini

Cara mengetahui Potensi Diri
Ilustrasi Cara mengetahui Potensi Diri, (Sumber: cermati.com)

Cara Mengetahui Potensi Diri Versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Berpikiran terbuka

Cara mengetahui potensi diri atau bakat yang pertama yakni dengan berpikiran secara terbuka. Dalam hal ini, kalian harus sadar bahwa bakat tidak selalu tentang bidang akademis. Namun, bakat juga bisa berupa karakteristik yang kalian miliki. Selain itu, kalian juga harus terbuka dengan berbagai alternatif pengembangan bakat, tidak terpaku pada hal-hal yang sudah umum.

Kalian mungkin memiliki potensi diri atau bakat yang mungkin tidak dimiliki banyak orang. Mungkin, yang paling sering kalian dengar yakni bakat dalam berbisnis, atau bidang lainnya seperti musik dan olahraga. Selain itu, kecenderungan lain seperti pandai dalam memimpin, menganalisa, bahkan berempati kepada orang lain juga merupakan sebuah bakat yang patut kalian gali dan asah.

2. Menyingkirkan rasa takut gagal

Cara mengetahui potensi diri atau bakat yang kedua yakni dengan menyingkirkan rasa takut gagal. Dalam hal ini, seharusnya jika pikiran kalian sudah terbuka, kalian tidak akan takut lagi untuk gagal. Namun, jika kalian masih memiliki rasa takut akan kegagalan, kalian harus segara untuk menyingkirkannya. Karena, jika kalian masih takut akan kegagalan akan besar kemungkinan membuat kalian meragukan bakat yang kalian miliki.

Jadikan kegagalan sebagai pelajaran jangan menjadi penghalang kalian untuk terus menggali potensi dari atau bakat dan mengembangkannya. Selain itu, untuk menemukan bakat kalian, kalian harus menganggap bahwa kegagalan merupakan sebuah hal yang wajar terjadi di setiap usaha yang kalian lakukan. Jika kalian sudah tidak takut gagal, maka kalian akan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran dan alasan kalian untuk berusaha menjadi lebih baik.

3. Mencoba berbagai macam kegiatan

Cara mengetahui potensi diri atau bakat yang ketiga yakni dengan mencoba berbagai macam kegiatan. Dalam hal ini, setelah menyingkirkan rasa takut gagal kalian bisa mencoba untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang baru. Dengan hal ini memungkinkan kalian untuk mengetahui apa yang kalian suka dan apa yang kurang cocok untuk kalian.

Karena pada dasarnya, potensi dari atau bakat adalah kemampuan dan pasti kemampuan merupakan hal yang kalian sukai atau cocok dengan kalian.Untuk itu, jika kalian merasa senang melakukan suatu hal tetapi belum memiliki kemampuan yang cukup baik maka kalian harus terus mengasahnya. Namun, jika pada akhirnya kalian menyadari hal itu tidak cocok dengan kalian, maka belum terlambat untuk kalian mencari bakat yang ada pada diri kalian.

4. Diskusi dengan orang-orang terdekat

Cara mengetahui potensi diri atau bakat yang keempat yakni berdiskusi dengan orang-orang terdekat. Dalam hal ini, jika kalian masih tidak mengetahui bakat yang kalian miliki kalian bisa mendiskusikannya dengan orang-orang terdekat. Karena, terkadang kalian sendiri tidak menyadari bakat yang kalian miliki, namun orang lain lebih bisa melihatnya dengan jelas.

Misalkan, guru kalian di sekolah yang memperhatikan kalian di kelas dan bisa mengenali potensi yang kalian miliki dalam pembelajaran. Selain itu, teman organisasi kalian yang memperhatikan kalian di dalam organisasi dan bisa mengenali potensi yang kalian miliki dalam memimpin atau memecahkan suatu masalah.

Atau bahkan keluarga kalian yang memerhatikan kalian di rumah dan bisa mengenali potensi yang kalian miliki dalam keterampilan, memasak, atau merawat anak kecil atau orang tua bahkan hewan peliharaan. Jangan malu untuk bertanya, karena mungkin kalian bisa melihat potensi diri atau bakat kalian dari perspektif orang lain.

5. Melakukan tes potensi diri

Cara mengetahui potensi diri atau bakat yang terakhir yakni dengan melakukan tes potensi diri. Tes ini bisa kalian lakukan, mulai dari analisis sidik jari dan gambar, atau tes kepribadian di psikolog. Menurut salah satu psikolog dengan menentukan kepribadian dan kecenderungan yang kita punya kita juga dapat menentukan hal-hal yang cocok dengan kita.

Misal kalian cenderung memiliki kepribadian yang dominan, sehingga kalian lebih cocok di bidang yang membutuhkan kepemimpinan dan pemikiran yang kritis seperti jurnalistik.  Atau mungkin kalian memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan berempati kepada orang lain, sehingga kalian bisa bergelut di bidang hubungan masyarakat atau psikologi.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kreativitas, Kalian Berhak Tahu!

Itulah 5 cara mengetahui potensi diri atau bakat yang kita miliki. Dengan mengetahui bakat sedini mungkin, kalian tidak perlu khawatir nantinya di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat! Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia dan jangan lupa untuk tetap semangat ya Sobat Bintang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *