Cara Menggunakan Zoom, PJJ 2021 Menjadi Lebih Mudah !

  • Bagikan

Cara Menggunakan Zoom – Halo Sobat Bintang!! Sampai saat ini pandemi Covid-19 belum berhenti melanda negara di seluruh dunia tak terkecuali negara Indonesia. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan peraturan untuk tidak beraktivitas di rumah saja atau dengan menjauhi kerumunan. Kini, sebagian besar aktivitas harus kita lakukan secara online atau jarak jauh tak terkecuali di ranah pendidikan.

Belum lama ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini membuat para siswa/i mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/K) sederajat harus belajar secara online. Namun itu tidak menjadi masalah, karena saat ini telah banyak tool atau aplikasi penunjang hal tersebut. Salah satunya yakni aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Sobat Bintang sudah tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom? Jika belum tahu, kalian tidak perlu khawatir. Yuk, simak baik-baik cara menggunakan Zoom yang memudahkan PJJ di bawah ini!

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menggunakan Zoom
Ilustrasi Cara Menggunakan Zoom, (Sumber: bhineka.com)

Cara Menggunakan Zoom, PJJ Menjadi Lebih Mudah

1. Tentang Zoom Cloud Meeting

Sekilas mengenai aplikasi Zoom. Zoom Cloud Meeting atau yang sering kita kenal aplikasi Zoom merupakan program perangkat lunak telekonferensi video eksklusif yang dikembangkan oleh Zoom Video Communication. Aplikasi ini bisa kalian gunakan melalui website, baik untuk OS Mac, Windows, Linux, iOS, maupun Android.

2. Cara Menggunakan Zoom di Smartphone atau di PC/Komputer

a. Install Zoom

Jika di Smartphone, kalian bisa mengunduhnya melalui Play Store maupun Apps Store pada iOS. Jika kalian menggunakan PC/Komputer, kalian bisa mengunduhnya melalui website resmi zoom.us.

b. Melakukan Pendaftaran Akun

Setelah aplikasi Zoom terinstall, kalian harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Jika kalian telah memiliki akun Zoom, pilih menu Sign In dengan memasukkan email beserta passwordnya pada aplikasi Zoom. Namun, jika belum kalian bisa mendaftarkan akun Zoom dengan memilih menu Sign Up. Selain itu kalian juga bisa menggunakan akun Facebook untuk Log In.

c. Menggunakan Zoom

  • Setelah masuk kalian bisa langsung memulainya dengan mengeklik new meeting dan kemudian start a meeting.
  • Jika kalian ini mengundang teman kalian masuk, kalian tinggal memilih menu Participants dan mengeklik tombol Invite.
  • Kemudian, pilih Copy Invite Link. Setelah itu kalian bisa menyisipkannya kedalam pesan yang akan kalian kirim kepada teman kalian masing-masing.
  • Selain itu, jika kalian ingin bergabung ke dalam zoom yang teman kalian buat. Kalian cukup mengeklik join dan memsaukan ID Zoom dari teman atau guru kalian. Atau juga, bisa dengan hanya mengeklik link yang telah dikirim oleh teman atau guru kalian sebelumnya.

Baca juga: Cara Mudah Buat Video Presentasi Tugas Sekolah

Itulah cara mudah menggunakan aplikasi Zoom untuk memudahkan pembelajaran jarak jauh kalian di masa pendemi Covid-19 ini. Bagaimana, mudah kan? Terus tetap belajar meski kondisi seburuk apapun, semua pasti ada jalannya. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *