10 Cara Mudah Belajar Matematika

Cara Mudah Belajar Matematika – Halo sobat bintang! Sekilas tentang matematika. Sebagian orang ada yang menyukai pelajaran yang satu ini. Karena, mereka merasa tertantang untuk menyelesaikan segala pertanyaan yang ada dengan menggunakan rumus tertentu. Ketika orang ini telah menjawab pertanyaan tersebut dengan benar, ada kesengan tersendiri yang mereka rasakan karena dapat memecahkan pertanyaan tersebut.

Tetapi tidak sedikit juga ada orang yang tidak menyukai pelajaran yang satu ini. Karena, mereka merasa kesulitan mengerti saat belajar matematika. Jika pada saat mempelajarinya saja sudah sulit, pasti untuk menjawab pertanyaan pun akan sulit.

Siapa nih yang masih kesulitan dalam belajar matematika? Tenang, disini mimin udah siapin nih 10 cara mudah belajar matematika versi bintang sekolah khusus untuk sobat bintang. Simak baik-baik ya sobat bintang!

Baca juga : Tips Belajar Di Rumah Disaat Wabah Corona

cara mudah belajar matematika
ilustrasi (Sumber: educenter.id)

Berikut 10 Cara Mudah Belajar Matematika Versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Merubah pola pikir buruk tentang matematika

Cara yang sobat harus lakukan pertama kali agar bisa belajar metematika dengan mudah, yakni merubah pola pikir buruk tentang matematika. Cara mudah belajar matematika yang satu ini merupakan kunci utama yang harus sobat lakukan. Karena jika sobat masih berpikiran buruk tentang matematika, sobat pasti akan terus merasakan kesulitan dalam belajar matematika.

Sobat harus terlebih dahulu berpikiran bahwa matematika merupakan ilmu yang menyenangkan dan mudah dimengerti. Karena, setiap apa yang sobat pikirkan bisa memperngaruhi tindakan dan hasil tindakan tersebut. Misalkan, jika sobat berpikiran baik terhadap pelajaran matematika otomatis tindakan dan hasil tindakan sobat terhadap pelajaran matematika akan baik juga.

Oleh sebab itu, yuk ubah pola pikir buruk sobat tentang matematika. Cobalah untuk terus berpikir baik terhadap pelajaran matematika. Bayangkan bahwa sobat bisa memahami dan mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika dengan mudah.

2. Memahami konsep rumus bukan hanya menghafal rumus

Cara mudah belajar matematika selanjutnya setelah sobat mengubah pola pikir sobat, yakni memahami konsep rumus tersebut. Sobat jangan hanya menghafal rumus tetapi harus memahami konsep dari rumus itu sendiri juga. Karena, jika sobat hanya menghafal rumus saja, kemungkinan besar sobat akan mudah lupa dan tidak akan memahami konsep rumus tersebut. Alhasil, sobat akan terus kesulitan dalam belajar matematika.

Oleh sebab itu, yuk jangan hanya menghafal tapi pahami juga konsepnya. Cobalah untuk memahami pola rumus dengan teratur dari awal hingga akhir. Dengan begitu sobat akan lebih mudah belajar matematika. Asalkan sobat tahu, dengan sobat dapat memahami konsep dari suatu rumus, sobat sudah otomatis menghafal rumus tersebut.

3. Menyusun rumus dengan rapi

Cara mudah belajar matematika selanjutnya setelah sobat memahami konsep dari suatu rumus, yakni menyusun rumus dengan rapi. Setelah sobat dapat memahami konsep dari suatu rumus, cobalah sobat tulis ulang rumus terebut dalam buku cacatan. Dengan cara ini sobat akan merasa lebih tertarik den merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan.Tetapi, sobat jangan mencatatnya begitu saja dan dimana saja.

Sobat harus menyediakan buku khusus kumpulan rumus matematika yang sudah sobat tulis dengan rapi sesuai dengan konsep yang sobat pahami. Karena, menuliskan rumus dengan rapi dan menarik dapat membuat sobat lebih mudah untuk memahamaminya. Selain itu, sobat tidak akan kesulitan untuk menemukan rumus jika sobat sewaktu-waktu membutuhkannya dan ingin membacanya lagi.

4. Jangan takut bertanya

Cara mudah belajar matematika selanjutnya yakni jangan takut untuk bertanya. Pasti ada saatnya sobat merasa bingung pada saat mencoba memahami salah satu materi. Dengan cara yang satu ini sobat dapat dengan mudah menjawab kebingungan itu. Sobat bisa bertanya kepada guru atau teman yang telah memahami materi tersebut.

Namanya juga belajar, banyak bertanya untuk memahami materi itu tidak salah. Salah itu ketika sobat kebingungan dan tidak paham mengenai materi tersebut tapi sobat malu atau takut bertanya. Jika sobat masih seperti itu, maka sobat akan terus merasa kesulitan dalam belajar matematika. Oleh sebab itu, Yuk jangan takut bertanya.

5. Aktif di kelas

Cara mudah belajar matematika berikutnya yakni aktif di kelas. Ketika sobat belajar di kelas pasti terdapat sesi tanya jawab yang dilakukan di akhir jam pelajaran. Jika sobat belum paham maka bertanyalah seperti penjelasan sebelumnya jangan takut untuk bertanya. Selain itu, jika guru bertanya dan sobat bisa menjawab pertanyaan tersebut, beranikanlah untuk menjawab.

Jangan takut salah, ingat ya sobat! Namanya juga belajar, hal itu merupakan suatu hal yang wajar. Justru, dengan kesalahan tersebut sobat bisa ambil kesalahan tersebut untuk bahan pembelajaran kedepannya. Dengan begitu sobat bisa lebih mudah dalam belajar matematika.

Oleh sebab itu, yuk aktif di kelas. Selain mendapatakan pengetahuan matematika secara mendalam, sobat juga akan mendapat nilai plus di raport atas keaktifan sobat di kelas.

Baca juga : 5 Permasalahan Belajar Yang Harus Kalian Ketahui

6. Membaca lagi soal ulangan yang telah selesai

Cara mudah belajar matematika selanjutnya yakni membaca kembali soal ulangan yang telah selesai. Biasanya siswa/I menganggap bahwa setelah ulangan selesai, mereka telah selesai mempelajari materi tersebut. Padahal masih ada Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Semester yang akan membahas soal dari materi tersebut.

Oleh sebab itu, setelah sobat mendapatkan hasil ulangan, jangan langsung membuang dan menaruhnya begitu saja. Cobalah biasakan untuk membacanya kembali, periksalah nomor demi nomor yang salah dan cari tahu letak kesalahannya. Setelah menemukan titik kesalahannya, cobalah untuk membenarkan kesalahannya.

Dengan cara ini, sobat akan belajar dan mengetahui letak kesalahan sobat. Jika ternyata sobat kurang teliti, maka sobat akan belajar untuk lebih teliti.

7. Mengajak teman berdiskusi

Cara mudah belajar matematika yang satu ini terbilang cukup efektif, yakni dengan mengajak teman untuk berdiskusi bersama. Sobat bisa mengajak teman untuk belajar bersama dan saling membantu memecahkan soal matematika. Dengan mengajak teman belajar bersama ini akan membuat suasan belajar menjadi lebih menarik.

Selain itu, ketika sobat mengerjakan tugas namun kurang memahami pertanyaannya, sobat juga bisa langsung bertanya kepada teman dan mendiskusikannya bersama. Ini bukan berati mencontek ya, tapi berdiskusi. Jadi, sobat juga harus paham setelah berdiskusi dengan teman, jangan asal mengisi pertanyaan tanpa memahami pertanyaan tersebut.

8. Mencari suasana yang tenang dan menyenangkan

Cara mudah belajar matematika berikutnya yakni mencari suasana yang tenang dan menyenangkan. Cara ini bisa sobat terapkan untuk meningkatkan konsentrasi. Biasanya, cara ini dilakukan pada saat di luar jam sekolah. Karena, dengan cara ini sobat harus menciptakan suasana tenang tanpa keramaian seperti di sekolah.

Sobat bisa mencari suasana yang tenang dan nyaman untuk belajar di alam terbuka seperti sambil memandangi pesawahan yang hijau. Namun, jika tidak memungkinkan untuk berpergian, sobat bisa mencoba belajar di teras atau taman rumah ditemani makanan dan minuman kesukaan. Dengan begitu, sobat tidak akan merasa bosan dalam belajar matematika.

9. Sering melakukan latihan

Cara mudah belajar matematika selanjutnya yakni dengan sering melakukan latihan. Cara ini efektif untuk melatih penggunaan rumus dan prosedur penyelesaian soal matematika. Karena, memang pada dasarnya matematika tidak bisa dipelajari dengan cara membaca dan mendengarkan saja. Sobat harus sering melakukan latihan dengan mengejakan semua PR dan tugas yang diberikan.

10. Hindari sifat malas

Cara mudah belajar matematika yang terakhir yakni menghindari sifat malas. Memang pada dasarnya sifat malas merupakan sifat buruk yang dimiliki oleh semua orang. Jika sobat bisa menjauhi sifat malas ini, sobat pasti akan merasa lebih mudah dalam belajar matematika. Karena, sifat malas ini akan menghambat aktivitas sobat dalam belajar matematika.

Baca juga : Tips Belajar Online Supaya Tidak Malas

Itulah 10 Cara Mudah Belajar Matematika Versi Bintang Sekolah Indonesia khusu sobat bintang yang telah mimin rangkum. Semoga bermanfaat! Untuk informasi yang menarik dan bermanfaat lainnya, sobat bisa terus kunjungi Sobat Sekolah Indonesia. Tetap semangat ya sobat bintang!!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *