6 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Untuk Diri Sendiri

  • Bagikan

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Hai Sobat Bintang!! Apakah di antara kalian ada yang kehilangan motivasi untuk belajar? Apa lagi sekarang dunia masih dilanda pandemi Covid-19. Dimana kegiatan belajar pun masih tidak seefektif biasanya saat sebelum pandemi, dan membuat kalian jenuh untuk belajar. Mimin sih berharap di antara Sobat Bintang tidak ada yang mengalami hal seperti itu.

Tips meningkatkan motivasi Belajar
Ilustras, Rendahnya Motivasi Belajar

Namun, jika ada yang mengalami hal tersebut jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini mimin akan bagi tips dan triknya agar motivasi kalian untuk belajar bisa meningkat lagi dan terjaga. Karena, memang pada umumnya belajar merupakan suatu proses usaha yang kalian lakukan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku menjadi lebih baik.

Nah, siapa sih yang tidak mau dirinya menjadi lebih baik? Untuk itu, yuk simak baik-baik tips meningkatkan motivasi belajar untuk diri sendiri di bawah ini!

Baca Juga : 8 Cara Cepat Memahami Pelajaran, Efektif di Saat Pandemi!

Berikut Tips Meningkatkan Motivasi Belajar untuk Diri Sendiri

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar
Ilustrasi, Motivasi Belajar Meningkat

1. Menentukan Gaya Belajar

Tups meningkatkan motivasi belajar yang pertama yakni kalian harus menentukan terlebih dahulu gaya belajar kalian. Karena, setiap orang pasti memiliki gaya belajarnya masing-masing. Selain itu juga, setiap metode pembelajaran pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya.

Kalian harus menentukan apakah kalian termasuk seseorang yang bertipe visual, auditori, atau kinestetik. Dengan mengetahui bagaimana gaya belajar kalian, otomatis kalian akan dengn mudah menyesuaikan diri dengan materi yang akan kalian pelajari.

2. Membuat Agenda Belajar

Tips meningkatkan motivasi belajar setelah menentukan gaya belajar saatnya kalian untuk membuat agenda belajar yang jelas. Agenda belajar yang jelas akan membuat kalian lebih mudah untuk megatur waktu dengan materi apa yang harus kalian pelajari. Di samping itu, kalian juga akan lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar. Hanya dengan membuat agenda belajar ini, belajar yang kalian lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Mengindari Ganguan Belajar

Tips meningkatkan motivasi belajar selanjutnya yakni kalian harus menghindari apapun yang bisa mengganggu kalian untuk belajar. Kalian juga harus mengatur waktu antara belajar dengan bermain gadget, bermain sosial media, melihat televisi, dan geme online. Hal ini, supaya waktu belajar kalian tidak terganggu.

Selaian itu, usahakan jangan berada di kumpulan orang atau keramayan yang bisa mengalihkan fokus belajarmu. Hal ini akan membuat kalian mendapatkan suasana belajar yang lebih baik, dan bisa meningkatkan motivasi kalian untuk belajar.

Baca Juga : 7 Tips Menabung untuk Pelajar, Pasti Bisa!

4. Gunakan Fasilitas Pendukung

Tips meningkatkan motivasi belajar berikutnya yang bisa kalian lakukan yakni dengan menggunakan fasilitas pendukung kalian dalam belajar. Karena, memberdayakan fasilitas atau sumber daya juga merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya. Kalian bisa berkonsultasi kepada guru atau teman kalian untuk mendapatkan pendapat mereka.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan fasilitas perpustakaan atau membaca dari sumber-sumber online lainnya yang direkomendasikan. Dengan semakin banyak referensi yang kalian dapatkan, maka akan semakin besar pula peluang kalian untuk meningkatkan motivasi belajar.

5. Tetaplah Untuk Termotivasi

Tips meningkatkan motivasi belajar setelah sukses menciptakan suasana belajar kalian sendiri yakni tidak lain dari untuk tetap termotivasi dalam belajar. Untuk menjaga agar kalian selalu dalam keadaan termotivasi, janganlah pernah merasa gagal apabila hasil yang kalian dapatkan tidak sesuai harapan. Kalian harus merasa bangga dengan apa yang kamu hasilkan sekarang, kemudian dengan kesadaran untuk terus meningkatkan proses belajar kalian.

Kalian bisa mencatat berbagai kemajuan yang kamu peroleh setiap tahapnya. Ketika kalian bisa melihat seberapa jauh peningkatan sejak awal berkomitmen rajin belajar, kalian akan benar-benar bangga dengan diri kamu sendiri.

6. Istirahat

Tips meningkatkan motivasi belajar terakhir yang harus kalian lakukan agar bisa terus termotivasi belajar yakni jangan melupakan waktu istirahat kalian. Kenapa? Karena istirahat termasuk salah satu faktor penting dalam proses belajar. Belajar terus menerus tanpa memberikan waktu istirahat juga akan membuat otak dan tubuh menjadi lelah.

Dengan tubuh yang lelah, proses belajar pun tidak akan maksimal. Materi yang kalian pelajari juga tidak akan terserap secara optimal dalam ingatan. Di samping itu, istirahat juga kalian butuhkan agar mendapatkan kondisi tubuh yang fit dan sehat.

Baca Juga : 5 Tips Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi, Pasti Bisa!

Nah, itu lah 6 tips meningkatkan motivasi belajar untuk diri sendiri yang bisa mimin sampaikan dan semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal tentunya diperlukan niat dan kamauan kuat untuk berusaha. Jadi, jangan patah semangat ya. Terus semangat untuk meraih cita-cita yang ingin kalian capai di masa yang akan datang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *