5 Tips Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi, Pasti Bisa!

  • Bagikan

Berprestasi Di Masa Pandemi – Halo Sobat Bintang!! Di masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi, telah banyak merenggut hal penting dari kalangan pelajar seperti kalian. Salah satunya yakni dengan ditiadakannya pembelajaran secara luring (luar jaringan) atau tatap muka.

Selain itu, kalian juga menjadi sulit bahkan tidak bisa bersosialisasi atau diskusi secara langsung dengan guru sampai teman kalian. Hal ini pemerintah tetapkan dengan alasan untuk menghindari kerumunan yang menyebabkan penularan virus Covid-19.

Meski tidak mendapat bimbingan secara langsung dari guru kalian, tapi kalian harus tetap bisa berprestasi di sekolah. Jangan sampai karena adanya pandemi Covid-19 ini membuat kalian malas untuk belajar dan tidak berprestasi. Lantas bagaimana tips untuk tetap berprestasi di masa pandemi ini?

Dilansir dari laman Kompas.com, ada tips tetap berprestasi di masa pandemi yang bisa kalian lakukan agar bisa tetap berprestasi di masa pandemi. Apa saja tipsnya? Yuk, simak baik-baik Tips Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi di bawah ini!

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Potensi Diri, Ketahui Bakat Kalian Sejak Dini

 

Berprestasi DI Masa Pandemi
Ilustrasi Berprestasi DI Masa Pandemi, (Sumber: theasianparent.com)

Berikut Tips Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi, Sobat Bintang Pasti Bisa!

1. Memanfaatkan piranti pendukung dengan maksimal

Tips tetap bisa berprestasi di masa pandemi yang pertama yakni dengan memanfaatkan piranti pendukung dengan maksimal. Belajar di masa pandemi saat ini, tentunya kalian telah menghadapi tantangan saat mengikuti kegiatan belajar di rumah masing-masing. Termasuk sarana dan prasarana untuk mengikuti pembelajaran seperti sekarang ini.

Pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu para pelajar dalam menyediakan fasilitas yang memadai apabila memiliki keterbatasan piranti. Salah satunya yakni dengan menyediakan kuota internet belajar bagi pelajar agar tetap bisa mengikuti pembelajaran secara online. Untuk itu, manfaatkanlah semaksimal mungkin bantuan tersebut dan raihlah prestasi di sekolah kalian!

2. Meningkatkan soft skill

Tips tetap bisa berprestasi di masa pandemi yang kedua yakni dengan meningkatkan soft skill yang kalian miliki. Jika kalian masih sulit menoreh prestasi dalam pelajaran atau sisi akademis kalian tidak perlu khawatir. Kalian masih bisa berestasi kok, karena prestasi seseorang juga bisa dalam bentuk kemampuan soft skill.

Kalian sebagai pelajar setidaknya harus mengasah soft skill yang kalian miliki, agar bisa berkarya dan menorehkan prestasi. Meskipun berada di situasi pandemi, soft skill tetap bisa diasah dengan cara mengikuti kegiatan yang ada di sekolah meski hanya melalui daring. Untuk itu, tingkatkan soft sklll kalian dan raihlah prestasi di sekolah kalian!

3. Berdiskusi demi menambah wawasan

Tips tetap bisa berprestasi di masa pandemi yang ketiga yakni dengan berdiskusi dengan teman atau orang terdekat kalian untuk menambah wawasan. Selain belajar dan mendapatkan materi dari guru, kalian juga bisa menambah ilmu dan pembelajaran baru dengan melakukan diskusi. Kalian bisa berdiskusi dengan teman sekelas kalian atau bahkan teman dari sekolah lain.

Hal ini, bisa menambah wawasan kalian akan materi yang telah kalian pelajari. Selain itu, kalian juga bisa mencari materi lain sebagai bahan diskusi yang banyak tersebar di internet. Di samping itu, karena pandemi kalian pun hanya bisa berdiskusi lewat jaringan atau online dengan teman kalian.

Baca juga: Cara Menggunakan Zoom, PJJ 2021 Menjadi Lebih Mudah !

4. Mempelajari cara orang berprestasi

Tips tetap bisa berprestasi di masa pandemi yang keempat yakni bisa dengan mempelajari cara orang lain dalam berprestasi. Cara ini merupakan salah satu cara yang mudah untuk kalian lakukan. Kalian bisa menjadikan orang lain sebagai inspirasi kalian untuk berprestasi.

Hal yang bisa kalian lakukan yakni bisa dengan cara membaca buku bahkan menonton film dokumenter tentang seseorang. Atau kalian juga bisa memperhatikan teman kalian yang telah berprestasi, bagaimana cara dia bisa berprestasi. Jadikan itu sebagai inspirasi bahwa kalian juga bisa berprestasi seperti mereka!

5. Jangan takut gagal

Tips tetap bisa berprestasi di masa pandemi yang terakhir ini mungkin merupakan penentu agar usaha kalian sebelumnya mendapatkan hasil. Yup, kalian tidak boleh takut untuk gagal dalam mencoba hal yang baru. Ingat kata pepatah, kegagalan bukan akhir dari semuanya.

Kalian harus terus berusaha dan hingga akhirnya berhasil. Jangan takut gagal, jadikan kegagalan kalian sebagai pelajaran agar tidak mengulangi kegagalan tersebut. Jika kalian konsisten dalam melakukan hal tersebut dengan tidak takut gagal, tidak menutup kemungkinan untuk kalian dapat meraih prestasi di masa pandemi ini.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kreativitas, Kalian Berhak Tahu!

Itulah, 5 tips agar kalian tetap bisa berprestasi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah untuk menorehkan prestasi apapun itu rintangannya. Untuk mendapatkan informasi menarik dan tentunya bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Semoga bermanfaat!!

  • Bagikan

Respon (9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *