Kuliah Online dan Blended Learning? UBSI Siap!

Jakarta – Kuliah Online dan blended learning. Sektor pendidikan merupakan salah satu dari sekian sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Karena pandemi ini pemerintah memutuskan bahwa, kegiatan belajar-belajar harus dilakukan secara daring (online). Hal ini berlaku baik untuk pendidikan sekolah dasar dan  menengah sampai perguruan tinggi.

kuliah online dan blended learning
Kuliah Online dan Blended Learning (Dok. UBSI)

Baca juga : UBSI Buka Kelas Maret 2021 Dengan 3 Keunggulan

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang sangat siap melaksanakan metode kuliah online dan blended learning.  “Universitas BSI sudah sejak lima tahun lalu terbiasa dengan metode online. Jadi, ketika ada wabah Covid-19 dan semua kegiatan perkuliahan harus dilakukan secara online, UBSI sangat siap,” ujar Ahmad Baroqah Pohan, kepala Bagian Marketing and Communication (Marcom) kampus UBSI, Senin (1/2/2021).

Oleh sebab itu, Baroqah menambahkan bahwa, UBSI tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan metode kuliah online tersebut. “Pelaksanaan kegiatan  kuliah full online atau  100 persen di UBSI berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Baroqah menyatakan bahwa, walaupun jika pandemi Covid-19 sudah berlalu, UBSI akan tetap meneruskan sistem kuliah online. Namun, metode ini akan dipadukan bersamaan dengan sistem kuliah tatap muka (off line), atau terkenal dengan sebutan blended. Komposisnya masing-masing 50 persen.  “Dengan sistem blended tersebut, mahasiswa hanya perlu dua hari datang ke kampus untuk kuliah tatap muka,  sedangkan hari-hari lainnya kegiatan belajar dilakukan secara online,” paparnya.

Baca juga : Biaya Kuliah Bisa Dicicil, Beruntung Kuliah di UBSI

Menurut Baroqah, penerapan sistem kuliah online dan blended learning ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa. Pertama, menghemat biaya harian, seperti ongkos dan uang jajan.

Kedua, dengan memadukan belajar tatap muka dan online tersebut, mahasiswa mempunyai waktu lebih banyak. Waktu mereka tidak tersita untuk perjalanan dari rumah ke kampus setiap hari.

“Ketiga, karena mempunyai waktu lebih banyak, mahasiswa bisa melakukan hal-hal yang produktif (menghasilkan uang). Termasuk menyalurkan hobi atau kuliah sambil kerja,” kata Baroqah.*

Baca juga : Kelas Karyawan UBSI untuk Masa Depan yang Cerah

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *