Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Telah Dibuka, Buruan Daftar!

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 – Halo Sobat Bintang!! Ada berita bagus nih buat kalian yang ingin kuliah tetapi memiliki keterbatasan dalam ekonomi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah untuk mahasiswa baru tahun 2021.

Bantuan pendidikan dari pemerintah ini merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP). KIP Kuliah ini diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun memiliki keterbatasan dalam ekonimi. Selain itu, siswa tersebut juga harus memilki potensi akademik yang baik. Nah, di sini mimin telah merangkum seputar Pendaftaran KIP Kuliah 2021 khusus untuk Sobat Bintang. Simak baik-baik ya!!

Baca juga: KIP Kuliah 2021, Harus Tahu!

pendaftaran KIP Kuliah 2021
Ilustrasi (Sumber: pikiran-rakyat.com)

Berikut Seputar Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2021

1. Pendaftran Akun Siswa KIP Kuliah mulai dari 8 Februari 2021 sampai dengan 31 Oktober 2021.

2. KIP Kuliah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN ) mulai dari 14 Februari 2021 sampai dengan 23 Februari 2021.

3. KIP Kuliah Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) mulai dari 12 Februari 2021 sampai dengan 18 Maret 2021.

Cakupan Pembiayaan KIP Kuliah 2021

1. Penerima KIP Kuliah akan mendapatkan pembebasan biaya pendaftran seleksi masuk perguruan tinggi. Hal ini berdasarkan daftar yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial (Kemensos).

2. Mendapatkan pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi.

3. Akan mendapatkan bantuan biaya hidup sesuai ketetapan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik). Besaran biaya hidup yang diberikan berdasarkan perhitungan besaran index harga lokal di wilayah perguruan tinggi yang bersangkutan. Kurang lebih sebesar Rp.700.000,- (Tujuh Ratus Ribu Rupiah) per bulan.

Jangka Waktu Penerimaan KIP Kuliah 2021

Program Reguler

– Untuk S1 maksimal delapan semester.

– Untuk D4 maksimal delapan semester.

– Untuk D3 maksimal enam semester.

– Untuk D2 maksimak empat semester.

Program Profesi

– Untuk Dokter maksimal empat semester.

– Untuk Dokter gigi maksimal empat semester.

– Untuk Dokter hewan maksimal empat semester.

– Untuk Ners maksimal dua semester.

– Untuk Apoteker maksimal dua semester.

– Untuk Guru maksimal dua semester.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Sebentar Lagi, Buruan !

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2021

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya.

2. Memiliki potensi akademik yang baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi yang telah terbukti oleh dokumen-dokumen yang sah.

3. Lulus dari seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS yang terakreditasi A atau B. Namun dalam kasus tertentu, bisa juga memilih PTN atau PTS yang terakreditasi C

4. Keterbatasan ekonomi ini bisa terbukti dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, bisa juga terlihat dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Atau berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KSS) dan juga yang berasal dari panti sosial/panti asuhan.

5. Untuk mahasiswa yang belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KSS, masih bisa melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2021. Namun, dengan syarat terbukti memiliki pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal sebesar Rp.4.000.000,- (Empat Juta Rupiah) per bulan. Atau bisa juga dengan pembagian pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dengan jumlah anggota keluarga/tanggungan. Hasilnya yakni maksimal sebesar Rp.750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

6. Penetapan penerimaan KIP Kuliah seluruhnya oleh Puplapdik bagi mahasiswa yang telah melakukan registrasi di perguruan tinggi yang bersangkutan.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah 2021

1. Siswa bisa langsung melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2021 ini melalui website Sistem KIP Kuliah secara mandiri dengan memasuki laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Siswa juga bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi KIP Kuliah yang dapat diunduh melalui Play Store.

2. Saat melakukan pendaftaran, siswa harus memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

3. Selanjutnya sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah terdaftar.

5. Setelah itu, siswa bisa menyelesaikan proses pendaftaran dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Aksesnya. Kemudian, siswa bisa memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).

6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal KIP Kuliah sesuai dengan jalur seleksi yang telah dipilih. Baik pada seleksi nasional ataupun pada seleksi masuk di perguruan tinggi yang bersangkutan.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah lulus seleksi di perguruan tinggi, maka perguruan tinggi tersebut dapat melakukan verifikasi lebih lanjut. Hal ini dilakukan sebelum pengususlan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Syarat Kelulusan Pengganti UN 2021

Nah, itu lah seputar Pendaftaran KIP Kuliah 2021 yang telah mimin rangkum untuk Sobat Bintang. Semoga bermanfaat!! Untuk informasi lebih jelasnya kalian bisa langsung mengunjungi laman KIP Kuliah Kemendikbud. Jangan lupa, terus kunjungi Bintang Sekolah Indonesia untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya. Tetap semangat ya Sobat Bintang!!

Respon (18)

    1. Terimakasih kembali kak, semoga keponakannya bisa menjadi orang yang sukses dan bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa ya kak… Aamiin 🙂

  1. Program kip kuliah ini membuat kesempatan untuk bisa kuliah jadi semakin besar walaupun terkendala biaya, semoga programnya tetap bisa diteruskan ditiap tahunnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *