Peran Penting Sosok Perempuan Dalam Sektor Pariwisata

  • Bagikan

Jakarta, Bintang Sekolah Indonesia Women Tourism Indonesia mengadakan program beasiswa untuk seluruh mahasiswa/i yang mengambil program studi (prodi) Pariwisata baik tingkat vokasional maupun universitas. Program beasiswa tersebut bertujuan untuk memberikan bekal kepada kaum muda khususnya perempuan yang akan memasuki dunia kerja pariwisata.

Dengan bentuk WTIDcamp edisi #Youth2evaluateWomeninTourism, acara ini telah berlangsung pada bulan oktober kemarin yang terdiri dari lima kelas dengan tema yang berbeda di tiap pekannya.

Baca Juga : Melalui WTIDCamp, Women In Tourism Indonesia Berikan Inspirasi Perempuan Indonesia di Dunia Pariwisata

Kemudian, pada akhir program acara tersebut diadakanlah acara kelulusan atau yang dinamakan dengan WIDTalk Special : WITDcamp Graduation, dengan mengusung tema “It’s Youth 2 Elevate Women in Tourism“. Acara kelulusan tersebut telah diselanggarakan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting dan disiarkan langsung secara live di channel Women Tourism Indonesia pada tanggal 30 Oktober 2021, pukul 09:00 – 11:00 WIB.

Acara WITDcamp Graduation dihadiri oleh empat orang narasumber, salah satunya yakni Harriot Beazley.

Harriot Beazley selaku Associate Associate Professor University of the Sunshine Coast, Australia, membawakan sebuah topik dengan judul Perlunya Perempuan Dalam Sektor Pariwisata.

Ia memaparkan bahwa, sosok perempuan yang telah berkecimpung dalam dunia pariwisata memiliki peluang besar untuk mengubah stereotip gender.

“Sebagai seorang perempuan, tidak hanya dapat bekerja di posisi bawah saja, melainkan dapat bekerja di bagian manajemen, Karena sebagai perempuan dapat saling bersinergi demi mewujudkan misi,” ucap Harriot.

Ia juga mengatakan, sosok perempuan dalam dunia kerja juga bisa memberikan banyak manfaat salah satunya dapat menciptakan budaya yang berbeda dalam industri pariwisata.

“Untuk dapat mewujudkan misi sebagai sosok perempuan yang cerdas dalam bidang pariwisata, tips-tips yang harus dilakukan ialah tetap menjaga hubungan serta saling membantu, dan jangan saling berkompetisi.  Selain itu, tetap berbuat baik, mimiliki empati yang tinggi dan jangan pernah berhenti belajar, sebab sosok perempuan sangat memiliki pengaruh penting dalam dunia kerja salah satunya sektor pariwisata,” Lanjut Harriot.

Baca Juga : 6 Keunggulan Lulusan Prodi Perhotelan yang Jadi Incaran Dunia Industri

Sebagai penutup, Harriot juga menyampaikan sebuah pesan kepada kaum perempuan khususnya peserta yang mengikuti acara WITDCampGraduation, agar dapat mengembangkan keterampilan digital dan harus memiliki koneksi dengan banyak orang.

“Selayaknya sebagai kaum perempuan, kita juga harus bisa menjadi perempuan entrepreneur sebagai misi mengubah peran gender tradisonal,” tutup Harriot.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *