Mau Jadi Mahasiswa? Simak Jalur Masuk Kuliah Berikut Ini!

Jalur Masuk Kuliah – Hai Sobat Bintang! Menjadi mahasiswa merupakan sebuah kesempatan untuk menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Melalui perguruan tinggi, kamu dapat mendalami ilmu yang disukai. Kuliah dapat menjadi persiapan kamu untuk meningkatkan kualifikasi diri agar memperoleh karir yang cemerlang.

Lalu bagaimana cara untuk masuk kuliah? Setelah kamu memutuskan untuk kuliah, maka kamu perlu mengetahui jalur masuk kuliah yang ada di tanah air. Kamu wajib mengetahui jalur masuk yang ada untuk PTN, PTS, ataupun sekolah kedinasan.

Saat akan menempuh pendidikan, langkah pertama yang tepat adalah mengetahui jalur masuk kuliah. Dengan mengetahui jalur masuk, kamu akan lebih mempersiapkan diri dan dapat mendaftar disaat yang tepat. Berikut beberapa jalur masuk kuliah di dalam negeri.

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur masuk kuliah pertama yang dapat kamu lakukan adalah melalui SNMPTN. Kamu dapat mempersiapkan nilai raport semester 1-5 dan riwayat prestasi saat sekolah di bangku SMA. Pada SNMPTN, kamu dapat memilih tiga jurusan dengan salah satu PTN yang berada di kota tempat tinggal kamu.

Baca Juga: 5 Tips Dapat Beasiswa Kuliah Di Perguruan Tinggi Favorit

Kuota masuk PTN melalui jalur ini biasanya minimal 20% dari total mahasiswa yang diterima. Jalur masuk kuliah dengan SNMPTN hanya dapat diikuti oleh fresh graduate di tahun yang sama. Pendaftaran juga tidak dipungut biaya. Untuk mengikuti SNMPTN kamu dapat menghubungi panitia di sekolah untuk mendapatkan NISN dan Password untuk login ke laman SNMPTN.

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN atau biasa disebut dengan UTBK menjadi jalur masuk kuliah PTN yang kedua. UTBK diselenggarakan secara serentak dan biasanya kamu akan memiliki kesempatan dua kali untuk mengikuti test ini. Untuk mendaftar, kamu dapat masuk ke laman LTMPT dan mengisikan data sesuai dengan form yang ada.

Biaya yang dikenakan adalah 200 ribu untuk jurusan IPA dan IPS serta 300 ribu untuk IPC. Seleksi SBMPTN dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK dari dua tahun sebelumnya. Kuota jalur masuk kuliah melalui SBMPTN juga lebih besar dari SNMPTN yaitu berkisar 40%.

3. Seleksi Mandiri PTN

Seleksi Mandir biasanya akan diselenggarakan setelah SNMPTN dan SBMPTN. Pembukaan jalur seleksi mandiri bergantung pada masing-masing PTN. Kesempatan untuk masuk melalui jalur ini sebesar 30%. Kamu perlu memantau informasi terkait alur dan biaya registrasi melalui laman PTN tujuan kamu.

4. PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri

Jalur masuk PMDK-PN hampir sama dengan SNMPTN karena proses seleksi dilakukan dengan mengedepankan prestasi dibidang akademik tanpa ujian tertulis. Ujian biasanya dilaksanakan serentak di seluruh Politekni Negeri di Indonesia. Untuk mendaftar, kamu harus berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengajukan nama pada sistem PMDK-N.

Baca Juga: Cari Jurusan Kuliah Kekinian? Simak 5 Jurusan ini!

5. Seleksi Perguruan Tinggi Kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan lembaga pendidikan berafiliasi dengan pemerintah. Tahapan seleksi untuk masuk perguruan tinggi kedinasan biasanya lebih banyak. Beberapa kemampuan yang akan diujikan diantaranya kemampuan akademik, kemampuan dasar, kemamuan bidang, psikotes, tes kesehatan dan wawancara. Walaupun tahapan pendaftaran lebih kompleks, namun masa depan kamu akan terjamin saat masuk di Perguruan Tinggi Kedinasan.

6. Seleksi Masuk PTS

Selain masuk ke PTN atau sekolah kedinasan, saat ini banyak PTS berkualitas dengan akreditasi yang baik pula. Biasanya PTS akan menawarkan beberapa jalur masuk sesuai dengan prestasi yang kamu miliki. PTS juga membuka kesempatan mendaftar dengan nilai raport.

Selain itu ada juga PTS yang menerapkan seleksi tes tulis dan seleksi wawancara. Dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu dapat melaksanakan test dengan mudah untuk masuk PTS karena test dilaksanakan secara online. Salah satu PTS yang menyelenggarakan Test masuk secara online adalah Universitas BSI.

Sebelum masuk ke tahap test, kamu harus melakukan pendaftaran dan memilih jurusan. Test dilakukan melalui aplikasi PMB UBSI. Dengan metode pendaftaran online, kamu dapat melakukan pendaftaran dan test dimana saja dan kapan saja selama masih dalam periode pendaftaran.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui berbagai jalur masuk kuliah yang ada di perguruan tinggi di tanah air. Kamu dapat memilih jalur yang sesuai dengan perguruan tinggi tujuan kamu. Dengan mengetahui jalur masuk kuliah, kamu dapat mempersiapkan diri kamu sedini mungkin agar dapat lolos di perguruan tinggi impian.

Respon (15)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.