Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA Buat Sobat yang Tertarik dengan Dunia Medis dan Pertanian

  • Bagikan

Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA – Hai Sobat Bintang! Hampir semua siswa yang hampir lulus dari sekolah menengah atas akan mengalami kegalauan ketika dihadapkan dengan pilihan jurusan kuliah. Bukan hanya anak IPS, Sobat yang notabennya anak IPA pun pasti akan mengalami hal serupa.

Ya, memilih jurusan kuliah IPA maupun IPS memang sama sulitnya. Meski ada begitu banyak pilihan jurusan kuliah, tapi Sobat harus bisa menentukan satu yang sesuai dengan passion dan menawarkan prospek kerja menjanjikan.

Nah, buat Sobat yang sedang mengalami hal serupa. Beberapa daftar jurusan kuliah IPA ini bisa jadi referensi Sobat dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: Daftar SMA Negeri di Banyumas

1. Kedokteran

Sewaktu kecil, mungkin banyak diantara Sobat disini yang bercita-cita menjadi seorang dokter. Profesi mulia ini tentu bukan hanya menawarkan prospek yang menjanjikan, namun juga kepedulian sosial yang sangat tinggi.

Sobat bisa memilih jurusan Kedokteran, karena memang ilmu IPA sangat erat kaitannya dengan dunia medis. Di jurusan ini, Sobat akan banyak belajar tentang bagaimana cara mempertahankan kesehatan, menganalisa penyakit, pemberikan pertolongan pada pasien serta pendidikan mengambil keputusan bagi pasien.

Tapi seperti yang Sobat tahu, jika nilai yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke jurusan Kedokteran harus tinggi. Begitu juga dengan biaya kuliah yang tidak murah.

2. Ilmu Gizi

Masih berhubungan dengan kesehatan fisik, jurusan kuliah IPA ini bisa jadi alternatif buat Sobat yang belum berhasil masuk Kedokteran.

Jurusan ilmu gizi sendiri berkaitan langsung dengan gizi, pertumbuhan manusia, produktivitas dan kualitas manusia. Bahkan, bukan hanya berkaitan dengan gizi manusia, jurusan ini juga banyak mempelajari gizi pada sektor pertanian hingga sosial budaya.

Baca Juga: 10 Kampus Terkenal yang Menyedikan Kuliah Kelas Karyawan di Sukabumi

Menariknya lagi, sebagai calon ahli gizi, Sobat juga akan diajari bagaimana cara menerima dan memberikan konsultasi terhadap mereka yang membutuhkan. Rencana perbaikan gizi pun harus Sobat kuasai.

3. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Setiap perusahaan tentu harus mementingkan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan. Oleh sebab itu, lulusan ilmu kesehatan dan keselamatan kerja pun sangat dibutuhkan di setiap perusahaan. Mengingat, perusahaan akan membutuhkan tenaga konsultan K3 yang dapat memberi arahan untuk meminimalisir risiko dan bahaya di tempat kerja.

Meski terdengar sederhana, namun jurusan ini juga akan memberikan banyak ilmu bagi Sobat. Selama kurang lebih 4 tahun duduk di bangku kuliah jurusan K3, Sobat akan tahu bagaimana langkah-langkah pencegahan kecelakaan. Cara meminimalisir risiko kecelakaan serta hal lain yang berkaitan dengan K3.

4. Teknologi Pangan

Seiring bertambahnya populasi manusia, kebutuhan pangan pun semakin meningkat. Manusia bukan cuma butuh pangan yang cukup, tapi juga tinggi gizi dan higiensi.

Terkait hal tersebut, lulusan teknologi pangan bisa mengambil peran yang sangat besar. Jika Sobat tertarik untuk berperan aktif dalam menjaga keseimbangan pangan dunia, jurusan kuliah IPA satu ini bisa jadi pilihan yang baik.

Baca Juga: 5 Pilihan Universitas di Yogyakarta

Program studi Jurusan Pangan sendiri mempelajari tentang prosedur produksi makanan, serta memastikan jika proses produksi dilakukan dengan aman sehingga tidak membahayakan konsuman, dan dapat memenuhi kebutuhan gizi secara maksimal.

Dalam penerapannya, program studi Teknologi pangan juga fokus mempelajari komponen biologi dan kimiawi pada makanan. Efek sosial yang didapat dari makanan tersebut juga tak luput dari pengamatan mereka yang merupakan lulusan teknologi pangan.

5. Bioteknologi

Saat duduk dibangku SMA, pastinya Sobat sudah sangat familiar dengan ilmu Biologi. Nah jurusan Bioteknologi ini merupakan cabang dari ilmu Biologi yang mempelajar tentang teknologi pemanfaatan mahluk hidup. Orientasinya dalam skala besar dan bertujuan untuk mneghasilkan produk dengan nilai guna tersendiri bagi manusia.

Di era sekarang ini, pemerataan ilmu bioteknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sementara untuk materi yang banyak dipelajari dalam jurusan kuliah IPA ini antara lain adalah teknologi enzim, teknik fermentas, analisa DNA, analisa mikroorganisme, separasi dan pemurnian produk biologi, rekayasa genetika serta kultur jaringan tanaman.

6. Biokimia

Jika jurusan sebelumnya lebih cocok buat kamu yang suka dengan mata palajaran Biologi, jurusan Biokimia ini juga cocok buat kamu yang fanatik dengan ilmu kimia.

Sesuai namanya, ilmu bioteknologi ialah ilmu yang mempelajari tentang proses berlangsungnya mahluk hidup dan berbagai molekul serta reaksi kimia.

Baca Juga: 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online

Jangkauan ilmu yang bisa dipelajari dari jurusan ini sangat luas. Bukan hanya berorientasi pada tubuh manusia, namun juga berbagai proses pada organisme yang kompleks.

7. Rekayasa Pertanian

Kebutuhan pangan yang semakin tinggi, namun diiringi dengan penyempitan lahan pertanian adalah suatu masalah besar yang harus dihadapi bersama. Rekayasa pertanian modern sangat diperlukan untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan, meski dengan kondisi lahan yang semakin langka.

Orientasi dari jurusan yang menggabungkan rekayasa biosistem dan ilmu pertanian konvensional ini cukup luas. Tujuannya ialah untuk mengelola dan membangun sistem pertanian yang baik.

Selama kuliah, Sobat akan banyak mempelajari kompetisi teknis unggul yang berfungsi untuk mengembangkan sistem pertanian. Hingga tujuan akhirnya tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta mencapai swasembada kebutuhan pokok.

8. Agroekoteknologi

Masih di bidang pertanian, dimana agroekoteknologi merupakan jurusan yang menggabungkan beberapa program studi, yakni Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan serta Prodi Agronomi.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Dari jurusan inilah, Sobat bisa mempelajari dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisa serta memecahkan masalah di bidang agronomi. Jadi, kesimpulannya, melalui ilmu agroekonomi Sobat bisa membawa pertanian Indonesia ke dalam ranah modern yang berkelanjutan. Bukan hanya dari sisi ekonomi, namun juga lingkungan, teknologi bahkan sosial budaya.

Beberapa jurusan kuliah IPA di atas cocok buat Sobat yang suka dengan dunia media dan pertanian.

Tentunya selain delapan program studi di atas, masih ada banyak pilihan jurusan lain yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *