15 Kampus Blended Learning ini Recomended Banget !

Kampus Blended Learning – Hai sobat bintang! Di saat pandemi Covid-19 ini sudah banyak sektor yang terkena dampak, salah satunya yakni sektor pendidikan. Hal ini menjadikan sistem kegiatan belajar mengajar menjadi berubah. Biasanya kalian dapat melakukan kegiatan belajar mengajar  dengan cara tatap muka. Namun, setelah ada kebijakan di rumah saja, mengharuskan kalian melakukan kegitaan belajar mengajar di rumah atau secara online.

Akhir-akhir ini sudah banyak kampus di Indonesia yang mengubah sistem pembelajarannya dengan metode blended learning. Metode blended learning itu sendiri adalah metode pembelajaran campuran antara pembelajaran secara tatap muka dan secara online. Metode ini bertujuan untuk memenuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Di sini mimin telah merangkum daftar 15 kampus blended learning yang sangat recomended untuk kalian sobat bintang. Simak baik-baik ya sobat!

Baca juga: 10 Rekomendasi Kampus di Jakarta Timur

kampus blended learning
Ilustrasi (Sumber: sevima.com)

Berikut 15 Rekomendasi Kampus Blended Learning Versi Bintang Sekolah Indonesia

1. Universitas Indonesia

Kampus blended learning yang pertama yakni Universitas Indonesia (UI). Salah satu Perguruan Tinggi Negeri ini sudah menerapkan metode blended learning. Kampus ini telah menerapkan metode blended learning di seluruh sistem pembelajarannya melalui Computer Learning Resource. Metode ini sedang UI kembangkan untuk menjalani sistem pembelajaran jarak jauh sekarang ini. Selain itu, UI juga sedang mengembangkan komputer sebagai media pembelajaran dengan menggunakan metode Collaborative Learning (CL) dan Problem Based Learning.

2. Universitas Padjajaran

Kampus blended learning lainnya yakni Universitas Padjajaran (UNPAD). Salah satu Perguruan Tinggi Negeri dari bandung ini telah mengembangkan sistem pembelajaran blended learning sejak lama. UNPAD telah berusa keras untuk memfokuskan seluruh sistem pembelajarannya menggunakan metode blended learning melalui sistem yang mereka sebut E-learning Center. Dalam sistem pembelajaran ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran dan berkomunikasi dengan dosen secara jarak jauh selama menghadapi pandemi ini.

3. Universitas Islam As-Syafi’iyah

Kampus blended learning berikutnya yakni Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA). UIA merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlandaskan spirit agama islam. Kurikulum yang berlandaskan agama ini tersusun dalam setiap progrm studinya. Hal ini bertujuan agar mahasiswa bisa menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta mempunyai keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ). Adapun jurusan yang tersedia di UAI yakni S1 Hukum.

4. Universitas Gadjah Mada

Kampus blended learning yang selanjutnya yakni ada Universitas Gadjah Mada (UGM). Salah satu Perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini telah menerapkan sistem blended learning selama masa pandemi. UGM menyediakan sistem pembelajaran ini di dalam E-learning system for academi community. Dalam sistem ini, mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi dengan mengunduuh materi, mengunggah tugas dan berdiskusi secara online.

5. Institut Teknologi Bandung

Kampus blended learning berikutnya yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak mau ketinggalan, kampus ITB juga memberikan fasilitas pembelajaran blended kepada mahasiswanya. Dengan penerapan sistem ini, ITB dapat memberikan fasilitas yang dapat mewadahi dosen dan mahasiswa untuk melakukan diskusi satu sama lain. Dengan begitu, meskipun dengan pandemi Covid-19 yang masih melanda, kampus ini masih bisa mengadakan kegiatan belajar mengajar dengan baik.

6. Institut Teknologi Sepuluh November

Kampus blended learning selanjutnya yakni ada Institut Teknologi Sepuluh November. Kampus yang terletak di kota Pahlawan ini juga menyediakan sistem blended learning. Kampus ini telah terkanal dengan dengan sistem pendidikannya yang terstruktur. Selain itu, kampus ini pun menyediakan fasilitas belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosennya dengan tatap muka dan daring (blended learning).

7. Universitas Bina Sarana Informatika

kuliah maret 2021

Kampus blended learning yang berikutnya yakni Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Kampus yang terkenal dengan tagline Kuliah…? BSI Aja…!! ini merupakan kampus yang sangat siap melakukan metode kuliah dengan blended learning. Hal ini dapat terlihat dari kampus ini yang sudah terbiasa dengan metode kuliah online-nya sejak lima tahun yang lalu. Komposisi dari metode blended learning yang disediakan kampus ini yakni kuliah tatap muka dan kuliah online yang masing-masingnya 50 persen.

Dengan adanya kuliah metode blended learning ini UBSI dapat memberi keuntungan lebih untuk mahasiswanya. Pertama, mahasiswa dapat menghemat biaya harian, seperti ongkos dan uang jajan. Kedua, mahasiswa memiliki waktu yang lebih banyak untuk hal-hal yang produktif (menghasilkan uang) seperti menyalurkan hobi atau kuliah sambil kerja. Jika kalian tertarik kalian dapat mengunjungi laman UBSI dan PMB UBSI.

Baca juga: Kuliah Online dan Blended Learning? UBSI Siap!

8. Universitas Al Azhar Indonesia

Kampus blended learning yang lainnya yakni Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). UAI ini telah berdiri sejak tahun 2000 dan berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Kampus ini menyediakan fasilitas pembelajaran secara daring kepada para dosen dan mahasiswanya untuk melakukan interaksi seperti biasanya. Untuk metode blended learning, kampus ini menyediakan jurusan Akuntansi (S1) dan Manajemen (S1).

9. Universitas Terbuka

Kampus blended learning yang selanjutnya yakni ada Universitas Terbuka. Kampus yang terkenal dengan penerapan sistem pembelajaran online-nya ini, ternyata sedang gencar mengadakan sistem blended learning. Saat pandemi ini UT mengharapkan mahasiswanya dapat menerima materi melalui perkuliahan online dengan lebih baik setelah menerapkan sistem pembelajaran ini.

10. Universitas Gunadarma

Kampus blended learning berikutnya yakni Universitas Gunadarma. Kampus yang terkenal memiliki fasilitas gedung dan kelas yang sangat memadai ini, ternyata telah menerapkan sistem blended learning. Kampus ini telah menerapkan sistem pembelajaran blended learning dengan baik. Seluruh sistem pembelajaran online-nya terdapat dalam situs elearning.gunadarma.ac.id.

11. STMIK Nusa Mandiri

kampus blended learning

Kampus blended learning selanjutnya yakni STMIK Nusa Mandiri. Kampus yang baru-baru mendapatkan penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) ini juga telah membuka program blended learning  Kampus ini memiliki 3 Program Studi yakni S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika dan program pascasarjana S2 Megister Ilmu Komputer. Untuk Program Pascasarjana memiliki tiga konsentrasi yakni Image ProcessingSoftware Engineering dan Data Mining.

12. Universitas Airlangga

Kampus blended learning yang lainnya yakni ada Universitas Airlangga. Kampus yang terletak di Surabaya ini sudah sejak lama mengaplikasikan sistem pembelajaran online. Meraka menemakannya dengan sebutan AULA yakni Airlangga University e-Learning Application. Dengan AULA ini, mahasiswa dan dosen dapat menjadikannya sebagai tempat berdiskusi, menyampaikan materi sampai melakukan latihan tugas secara online.

13. Universitas Sahid

Kampus blended learnig berikutnya yakni Universitas Sahid. Salah satu kampus yang terletaki di Jakarta ini menawarkan program blended learning. Mereka menawarkan program tersebut pada jurusan Akuntansi (S1) dan Manajemen (S1). Selain program studi S1 kampus ini juga menyediakan program S2 Manajemen dengan metode blended learning.

14. Institut Teknologi Harapan Bangsa

Kampus blended learning yang selanjutnya yakni ada Institut Teknologi Harapan Bangsa. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 2002 di bawah naungan Yayasan Petra Harapan Bangsa. Kampus yang terletak di kota Bandung ini membuka sistem blended learninig pada jurusan S1 Sistem Informasi dengan konsentrasi Data Science. Jurusan ini satu-satunya Jurusan Sistem Informasi dengan konsentrasi Data Science yang sistem pembelajarannya dengan metode blended learning

15. Universitas MH. Thamrin

Kampus blended learning yang terakhir yakni Universitas MH. Thamrin. Kampus yang terletak di Jakarta ini merupakan kampus yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan MH. Thamrin. Kampus ini terkenal dengan dengan Program Studinya yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Kampus ini menyediakan sistem pembelajaran dengan metode blended learning pada jurusan Sistem Informasi (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), dan Teknik Informatika (S1).

Baca juga: 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Online

Nah, Itu lah 15 Kampus Blended Learning yang Sangat Recommended buat kalian sobat bintang. Semoga bermanfaat! Untuk informasi menarik dan bermanfaat lainnya kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia. Jangan lupa, tetap semangat ya sobat!

Dinar Ismunandar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم - Al-Baqarah Ayat: 286, Haii, perkenalkan nama saya DInar Ismunandar

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (9)

  1. Wah Universitas Bina Sarana Informatika masuk urutan ke-7.. semoga pandemi cepat berlalu yaa agar aktivitas bisa berjalan normal seperti biasa nya amin