Pentingnya Nilai dan Ranking di Sekolah

Nilai dan Rengking biasanya didapat ketika seseorang akan naik kelas atau setelah ujian di Sekolahannya. Seberapa pentingkah nilai dan peringkat di sekolah? Apakah penting atau hanya sebuah angka yang hanya tertulis di sebuah Raport buku penilaian. Pentingnya nilai itu sendiri tentunya bisa di lihat dari berbagai sisi misalnya dari sisi orang tua, guru, dan siswa seperti yang di jelaskan berikut ini:.

Baca Juga : 9 Prospek karir lulusan prodi sistem informasi

Pentingnya Nilai dan Ranking Bagi orang tua

1.Mengerti Pelajaran Kesukaan anaknya

Dari nilai dan rangking yang didapatkan oleh anaknya dari situlah orang tua bisa menilai pelajaran apa sih yang disukai anaknya. Jika anak benar-benar suka dengan pelajaran tersebut mungkin nantinya bisa dijadikan acuan untuk les tambahan agar bisa memperdalam lagi dari matapelajaran yang di sukainya. Dari nilai yang di dapat juga dapat dilihat matapelajaran yang tidak disukai dan orang tua bisa menanyakan alasanya kenapa dan apa yang bisa menjadi solusinya mungkin dengan mengganti cara belajar atau dengan mencari tambahan les pelajaran.

2.Sumber Kebanggaan/ Validasi Bagi Orang Tua

Dari nilai atau rangking tentunya orang tua akan bangga dengan prestasi yang di dapatkan oleh anaknya. Orang tua manasih yang tidak bangga dan senang ketika anaknya mendapatkan nilai bagus dan mendapatan rangking bahkan bisa masuk 5 besar pararel, pastinya semua orang tua bangga dengan hasil itu.

3.Tolak Ukur Kemampuan anaknya dengan anak lainya

Dengan melihat nilai yang di peroleh, orang tua akan tahu sejauhmana anaknya bisa mengikuti pelajaran. Orang tua juga jadi anaknya bisa mengikuti dan tertinggal atau tidak dibanding teman-temannya.

Pentingnya Nilai dan Ranking Bagi siswa

1.Pilihan Sekolah yang lebih tinggi dan Luas di jenjang selanjutnya

Nilai dan Ranking juga bisa dijadikan acuan untuk memilih lebih tinggi sekolah jenjang selanjutnya. Untuk masuk suatu Universitas tertentu atau universitas favorit Biasanya memiliki kriteria tertentu, salah satunya yaitu dengan nilai yang tinggi dan Ranking. Ada juga yang melihat berdasarkan raport dan Hasil UN. Disamping itu dengan nilai dan rangking yang bagus kalian juga bisa mendapatkan beasiswa untuk masuk suatu perguruan baik negeri maupun swasta.
Salah satu Kampus yang memberikan apresiasi tinggi kepada siswa yang mempunyai nilai dan rengking yang bagus adalah Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Melalui program Beasiswa Kompeteni (BIKOM) bagi siswa SLTA/ Sederajat Ranking 1-20 dan merupakan angkatan tahun 2020 melalui proses Ujian Saringan di Aplikasi Mtryout tanpa ikatan dinas dapat memperoleh beasiswa pendidikan hingga 100%.

2.Pemilihan jurusan yang tepat

Banyak kampus yang biasanya memberikan persyaratan untuk masuk suatu perguruan dengan syarat Nilai bagus. Siswa yang nilainya bagus bisa mendapatkan dan bisa memilih jurusan sesuai dengan keinginan.

3.Peluang Mengikuti Lomba dan Kompetisi

Siswa yang memiliki nilai yang bagus biasanya akan dipilih oleh guru untuk mengikuti lomba dan Kompetisi pada bidang yang terkait. Contohnya seseorang yang jago olahraga bisa mengikuti pertandingan antar sekolah atau perlombaan lainya.

Pentingnya Nilai dan Ranking Bagi Guru

1.Tolak Ukur Materi yang di ajarkan

Pentingnya nilai bagi seorang guru bisa menjadi tolak ukur terhadap materi yang sudah diberikan siswa. Jika nilainya banyak di bawah KKM mungkin penjelasan materi yang diberikan kurang jelas atau terlalu susah untuk dimengerti.

2.Memilih Representatif Sekolah

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Guru jadi bisa tau sebaiknya siswa mana yang dipilih untuk mengikuti lomba, Siswa yang nilanya bagus juga tidak jarang menjadi kebanggaan bagi sekolahnya.

Telepas dari semua itu nilai atau ranking memang lumayan penting untuk menunjang ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, terutama untuk memilih suatu perguruan dan jurusan yang di minati serta untuk mendapatkan beasiswa atau prestasi lainya.

Fanny Fatma Wati

"Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu cepat, Semuanya terjadi pada waktu yang telah ditetapkan" Keep semangat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *