Seberapa Siap Kamu Menghadapi UTBK SBMPTN 2021?

  • Bagikan

UTBK SBMPTN 2021 – Hai Sobat Bintang!! Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan syarat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri PTN. UTBK SBMPTN 2021 terbuka untuk semua calon mahasiswa, termasuk siswa yang tidak lolos seleksi pada jalur SNMPTN. SBMPTN ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK serta kriteria lain sesuai ketetapan PTN-nya masing masing.

Selain itu, tes SBMPTN juga merupakan tes masuk PTN yang hanya diadakan satu kali dalam setahun. Sehingga, bagi kalian yang tidak lolos tes ini dan masih ingin mencoba, mau tidak mau harus mengikutinya lagi di tahun berikutnya.

Nah, Sobat Bintang, sudah seberapa siapkah kalian menghadapi UTBK SBMPTN tahun ini? Tapi, sebelum melakukan persiapan kalian harus tahu terlebih dahulu seputar UTBK SBMPTN 2021. Mimin sudah menyiapkan rangkuman seputar UTBK SBMPTN 2021 khusus untuk Sobat Bintang. Simak baik-baik ya!!

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Sebentar Lagi, Buruan !

utbk sbmptn 2021
Ilustrasi (Sumber: detik.com)

Berikut Seputar UTBK SBMPTN Tahun 2021:

Jadwal UTBK SBMPTN 2021

  • Registrasi Akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021
  • Pelaksanaan UTBK (2 Gelombang): Gelombang 1 pada 12 – 18 April 2021, Gelombang 2 pada 26  April – 2 Mei 2021.
  • Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN: 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

Persyaratan peserta UTBK 2021

1. Pastikan kalian sudah memiliki akun LTMPT.

2. Kalian merupakan siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 di tahun 2021 atau peserta didik paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 15 tahun (per 1 juli 2021).

3. Kalian telah lulus MA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 ataululus paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.

4. Persyaratan bagi peserta ujian:

  • Kalian yang memilih prodi Saintek, maka kalian akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Sintek.
  • Kalian yang memilih prodi Soshum, maka kalian akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum.
  • Kalian yang memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka kalian akan mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek dan Shoshum.

5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan di tahun 2021 saja.

6. Kalian telah membayar biaya UTBK 2021.

Biaya UTBK 2021

  • Kalian yang memilih Ujian Saintek atau Ujian Soshum dapat membayar sebesar Rp. 200.000,-.
  • Untuk kalian yang memilih Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dapat membayar Rp. 300.000,-.

Persyaratan peserta SBMPTN 2021

1. Kalian yang merupakan Siswa SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2019, 2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat di luar negeri harus memiliki Ijazah yang sudah disertakan.

2. Kalian telah mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.

3. Kalian memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak akan menggagu kelancaran proses studi.

4. Bagi kalian yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib menggunakan portofolio.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Telah Dibuka, Buruan Daftar!

Pembahasan singkat materi UTBK 2021

Materi UTBK 2021 terbagi menjadi 2 (dua), yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Untuk TPS ini adalah tes untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Selain itu TPS juga menguji kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan kalian terhadap Matematika Dasar. Selain itu juga, sebagian soal yang tersaji dalam TPS ini menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk TPA yakni tes untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang telah kalian pelajari sebelumnya di sekolah. Selain itu, TKA juga mengukur kemampuan kognitif kalian yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang telah kalian pelajari di sekolah. Hal ini, bertujuan untuk keberhasilan nantinya dalam menempuh pendidikan tinggi. Untuk penekanan tes pada TPA ini yakni dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Persiapan menuju UTBK SBMPTN 2021

Nah, untuk persiapan menuju UTBK SBMPTN 2021 ini sudah berapa persen nih persiapan kalian? Mimin kasih saran jangan sampai belajar sistem kebut semalam ya Sobat Bintang.

Untuk persiapan, kalian bisa mengikuti Tryout UTBK online dari sekarang yang terdapat di situs soal latihan SBMPTN yang bisa kalian temukan dengan mudah di internet. Salah satunya yakni M-tryout, kalian bisa mengikuti tryout UTBK yang tersedia di aplikasi M-Tryout ini. Di sana kalian bisa menguji seberapa besar kemampuan kalian untuk menaklukkan soal-soal UTBK.

Untuk caranya mudah sekali, kalian hanya tinggal membuka aplikasi M-Tryout di ponsel kalian. Setelah itu Login dengan menggunakan akun kalian dan pilih menu Tryout kemudian Pilih Kategori UTBK. Bagi kalian yang belum install, kalian bisa dengan mudah menginstallnya di Playstore dan jangan lupa untuk melakukan Registrasi terlebih dahulu.

Baca juga: KIP Kuliah 2021, Harus Tahu!

Nah, itulah seputar persiapan UTBK SBMPTN 2021 yang bisa mimin sampaikan untuk kalian Sobat Bintang. Semoga bermanfaat!! Jangan lupa terus kunjungi Bintang Sekolah Indonesia untuk mendapatkan informasi yang unik dan bermanfaat. Selamat belajar dan tetap semangat ya Sobat Bitang!! 🙂

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *